Bagi sebagian orang, asuransi dipandang sebagai hal yang penting karena dapat menjamin kehidupan di masa depan. Saat ini, berbagai produk asuransi ditawarkan untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Selain BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai program pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia, ada juga produk asuransi mikro yang layanannya lebih luas dibandingkan asuransi konvensional.

Asuransi Mikro adalah produk asuransi yang ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, dengan fitur dan proses administrasi yang sederhana, mudah didapat, harga ekonomis serta mampu memberikan penyelesaian pemberian santunan secepat mungkin. Ingin tahu lebih dalam tentang asuransi mikro? Yuk, simak penjelasan berikut.

 

Sumber: www.carajadikaya.com

 

Jumlah Premi dan Nilai Pertanggungan

Nilai premi dan jumlah pertanggungan asuransi mikro berlaku sama bagi setiap tertanggung, tanpa kecuali. Sedangkan nilai premi dan jumlah pertanggungan untuk asuransi non mikro disesuaikan dengan kemampuan dan pilihan yang dibuat oleh Tertanggung.

Polis

Asuransi mikro ditawarkan dalam bentuk voucher atau sertifikat yang jumlahnya tidak lebih dari 2 lembar. Berbeda dengan asuransi non mikro yang pada umumnya terdiri dari beberapa lembar bahkan sampai ada yang berbentuk buku.

Jangka Waktu

Pada umumnya, masa berlaku asuransi mikro memiliki jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Distribusi

Untuk membeli Asuransi Mikro, bisa melalui swalayan, kios-kios, kantor kepala yang terdekat dari tempat tinggal kamu.

Klaim

Jika kamu ingin mendapatkan santunan asuransi mikro, lengkapi dokumen yang diperlukan dan asuransi mikro dapat diterima dalam jangka waktu kurang dari 10 hari.

 

Apa Saja yang Ditawarkan Dalam Asuransi Mikro?

Sumber: www.cermati.com

 

Ada beberapa bentuk penawaran Asuransi mikro, antara lain:

Asuransi Jiwa

Asuransi ini ditujukan bagi kamu yang ingin mendapatkan santunan biaya pemakaman yang memerlukan biaya yang tinggi dan pembayaran sisa pinjaman berupa hutang kredit dan cicilan lainnya.

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini banyak digunakan untuk pembayaran biaya rumah sakit dan santunan tunai sebagai pengganti penghasilan jika Tertanggung sakit atau perawatan anggota keluarga yang sedang sakit.

Asuransi Kerugian

Beberapa manfaat dari asuransi ini, antara lain santunan untuk pembangunan rumah / tempat usaha jika terjadi bencana alam atau kebakaran, penggantian kerugian jika terjadi gagal panen karena bencana alam.

 

Nah, setelah mengenal asuransi mikro lebih dalam beserta manfaatnya, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan asuransi mikro. Apa lagi, sekarang kamu bisa mendapatkan asuransi mikro dengan mudah dan dengan berbagai pilihan asuransi di Kioson. Makanya, buruan download Kioson di Google Play, daftar dan top up. Dengan Kioson, semua bisa online.