Musim hujan memang identik dengan munculnya beragam penyakit tertentu. Penyakit-penyakit ini khususnya menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan kurang memperhatikan pola hidup yang sehat. Nah, mau tahu nggak penyakit-penyakit apa saja yang biasanya menyerang saat musim penghujan? Simak artikelnya di bawah ini!

 

  1. DBD (Demam Berdarah Dengue)

 

penyakit-karena-hujan-dbd

 

Pada musim penghujan ini, ancaman penyakit demam berdarah mengintai dimanapun kamu berada. Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan disebarkan melalui darah. Virus ini menyerang sistem pembekuan darah, dimana nantinya akan mengakibatkan turunnya kadar trombosit secara signifikan. Darah yang nggak bisa membeku inilah bisa menyebabkan pendarahan yang berbahaya. Namun, jangan takut! DBD bisa dicegah kok. Cara yang paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan melakukan 3M yaitu Menguras bak mandi, Mengubur kaleng-kaleng bekas agar nggak menyebabkan genangan air, dan Menutup bak penampungan air.

 

  1. Batuk Pilek

 

penyakit-karena-hujan-flu

 

Mungkin serangan pilek dan batuk menjadi penyakit yang paling umum menyerang saat musim hujan tiba. Meskipun penyakit ini digolongkan sebagai penyakit ringan, tapi jangan sampai disepelekan lho! Kamu harus tetap menjaga daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin dan perbanyak istirahat. Hal ini dilakukan agar penyakit batuk dan pilek tadi nggak gampang menyerang sistem kekebalan tubuh kamu dan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah.

 

  1. Tifus

 

penyakit-karena-hujan

 

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella Typhii. Biasanya bakteri ini berasal dari makanan dan minuman yang nggak higienis, sehingga bakteri tersebut masuk dan menyerang kekebalan tubuh. Gejala dari penyakit ini adalah demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala dan sembelit serta diare. Meski begitu, cara pencegahannya nggak susah kok! Kamu hanya perlu menjaga kebersihan, rajin cuci tangan sebelum makan dan nggak jajan sembarangan. Mudah bukan?

 

  1. Diare

 

penyakit-karena-hujan-diare

 

Penyakit yang satu ini erat kaitanya dengan pola makan. Penyebab dari diare sendiri biasanya yaitu bakteri atau virus yang mencemari makanan atau minuman. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan, pastikan setiap makanan dan minuman yang kamu konsumsi terjaga kebersihannya agar nggak terserang penyakit ini.

 

  1. Penyakit kulit

 

penyakit-karena-hujan-gatal

 

Musim hujan biasanya identik dengan banjir. Nah, banjir ini bisa menyebabkan banyak penyakit lho, salah satunya adalah penyakit kulit. Gatal-gatal dan alergi merupakan jenis penyakit kulit yang umum muncul kala musim hujan tiba. Air hujan yang nggak bersih dan tanpa sengaka mengenai kulit bisa menyebabkan beragam penyakit kulit. Maka dari itu, kamu harus rajin-rajin menjaga kebersihan tubuh ketika musim hujan ya!

 

Nah, itu tadi lima penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Mencegah itu memang penting banget, selain dengan menggunakan cara-cara yang tadi sudah disebutkan di atas ada satu lagi nih upaya pencegahan yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan memiliki kartu BPJS. Kartu ini berfungsi sebagai penjamin kamu ketika kamu sudah terserang salah satu penyakit di atas dan membutuhkan pengobatan.

 

kioson-etailer-bpjs-kesehatan-loket-pembayaran-iuran-google-store-aplikasi-download-andorid-play

 

Kamu bingung bayar iuran BPJS Kesehatan nya di mana? Di Kioson aja! Kioson menyediakan layanan pembayaran premi BPJS dengan proses yang sederhana dan cepat. Keren ‘kan? Tentu saja, karena di Kioson semua bisa online!