Zaman sekarang, banyak orang nggak lagi mengejar mimpi untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Justru mereka lebih suka untuk membuka bisnis sendiri, khususnya di kalangan muda. Sayangnya, nggak semua dari mereka didukung dengan modal finansial yang mencukupi. Sebagian besar hanya memiliki modal pas-pasan untuk memulai bisnis mereka.

Lalu apa saja sih tips berbisnis untuk kamu yang memiliki modal pas-pasan? Yuk kita bahas satu persatu!

  1. Browsing ide kreatif

1-tips-memulai-usaha

Tentu saja untuk memulai bisnis dalam skala kecil maupun besar, kita harus memiliki ide usaha tersebut terlebih dahulu. Ide bisnis ini sebaiknya merupakan sesuatu yang fresh dan innovatif. Sehingga usaha yang kamu miliki berbeda dari bisnis yang lainnya. Akan lebih baik lagi jika ide bisnis yang kamu jalankan merupakan sesuatu yang sesuai dengan passion yang dimiliki. Contohnya, untuk pecinta fashion, kamu bisa membuka bisnis clothing, jika kamu hobi masak mulailah membuka bisnis kue kering atau catering dan sebagainya. Dengan begini, kamu pasti akan lebih bersemangat dalam membangun bisnis sendiri, meskipun haris dikerjakan dari nol.

 

  1. Mencari “Partner” Bisnis

2-tips-memulai-usaha

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis namun tertahan karena urusan modal yang pas-pasan, kamu mungkin bisa mencari “partner” untuk menambah modal yang akan digunakan untuk membuka usaha tersebut. Partner bisnismu nggak perlu seseorang yang sudah profesional. Kamu bisa mengajak sahabat, keluarga, atau bahkan pacar kamu untuk kerjasama dalam membangun usaha bersama. Selain bisa “patungan” untuk modal, partner bisnis bisa juga sebagai tempat tukar pikiran, mengembangkan ide-ide bagi bisnis untuk ke depannya. Seru!

 

  1. Manfaatkan Internet

internet-business

Di dunia digital ini, internet sudah menjadi hal yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi buat kamu yang sedang mulai berbisnis. Bisnis online menjadi hal lumrah dan umum untuk dilakukan. Selain lebih efektif, bisnis online juga memberikan kamu peluang lebih besar untuk mendapatkan customer yang lebih banyak daripada bisnis konvensional. Dengan hadirnya berbagai platform jual beli yang telah tersedia, kini kamu bisa memasarkan beragam produk kamu kepada masyarakat dengan lebih mudah dan cepat. Hanya dengan modal laptop atau smartphone, kamu sudah bisa menjadi seorang pebisnis. Keren banget ‘kan?

 

  1. Semangat dan Tekad

Hal terpenting dalam memulai sebuah usaha adalah semangat dan tekad. Dalam dunia bisnis, seroang pengusaha ataupun pemula pasti akan menempuh banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi. Jatuh bangun dalam bisnis itu biasa, namun hal terpenting yang harus diingat, yaitu bagaimana kamu menyikapinya dan harus tetap selalu gigih dalam membangun bisnis yang sudah dijalankan. Jangan langsung menyerah kalau kamu baru gagal sekali, teruslah mencoba dan belajar dari kesalahan yang lalu. Siapa tahu, bisnis kamu justru akan sukses setelah mengalami berbagai kegagalan. After all, success won’t come easy.

Gimana? Sudah tertarik untuk memulai bisnis sendiri? Apa masih bingung ingin cara memulainmya? Jangan khawatir! Kioson menyediakan sebuah platform digital  buat kamu yang ingin berbisnis dengan mudah dan cepat. Cukup download aplikasinya di https://goo.gl/XGDTwQ, daftar, top up saldo and voila! Kamu sudah bisa mulai berbisnis meski dengan modal pas-pasan.