Ingin bisnis Anda sukses dan bertahan lama? Menangkan hati pelanggan Anda. Menurut Harvard Business School, meningkatkan daya ingat pelanggan pada brand Anda sebanyak 5% dapat meningkatkan keuntungan bisnis dari 25% ke 95%.

Berdasarkan fakta di atas, sulit untuk menciptakan pelanggan yang loyal terhadap bisnis Anda jika mereka tidak benar-benar ‘menyelami’ brand Anda. Untuk membangun kepercayaan pelanggan dan membuat mereka loyal terhadap bisnis Anda, simak beberapa teknik komunikasi yang efektif berikut.

 

Tunjukkan Bukti Sosial yang Positif

Banyak penelitian tentang motivasi pelanggan membuktikan bahwa bukti yang positif, seperti “Gabung bersama 20,000 pelanggan sukses lainnya!” adalah strategi yang jauh lebih efektif untuk membuat orang-orang ingin tahu tentang brand Anda dibandingkan bukti yang negatif, seperti “Hampir 90% orang tidak menggunakan aplikasi!”.

Menarik Ego Pribadi

Sebagian besar orang menyukai hal-hal yang mengingatkan mereka pada diri mereka sendiri, yang disebut dengan implicit egotism, dan hal ini adalah hal yang penting untuk diingat saat berkomunikasi dengan pelanggan. Untuk menarik jenis pelanggan yang Anda inginkan, Anda perlu mengenali target pelanggan Anda dan ciptakan gaya komunikasi yang sesuai dengan penderitaan, tujuan dan cita-cita mereka. Akan lebih mudah untuk memenuhi permintaan yang sudah ada dibandingkan menciptakan yang baru.

Gunakan Kata-Kata yang Pelanggan Sukai

Tidak semua kata-kata diciptakan untuk tujuan yang sama. Beberapa kata persuasif tertentu mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak dibandingkan yang lainnya, khususnya: gratis, baru, dan segera. Saat pelanggan mendengar kata-kata ini (dan janji-janji yang ditawarkan), mereka akan lebih menikmati pembelian mereka.

Kualitas di Atas Kecepatan

Apa yang membuat pelanggan kembali pada brand Anda? Kualitas customer service. Berdasarkan penelitian dari Gallup Group, pelanggan 9 kali lebih mungkin untuk terlibat dengan suatu brand saat mereka menganggap customer service sebagai “sopan, siap melakukan sesuatu dan berguna” dibandingkan customer service yang cepat, yang hanya membuat pelanggan 6 kali lebih mungkin untuk terlibat.

Kenali Pelanggan Anda Secara Pribadi

Menganjurkan karyawan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan adalah langkah yang tepat. Beberapa penelitian psikologi perilaku menunjukkan bahwa setiap orang memandang pengalaman pelayanan mereka jauh lebih positif jika mereka tidak merasa diburu-buru dan diabaikan

Berikan Nama Bagi Pelanggan

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Stanford University secara meyakinkan menunjukkan bahwa orang-orang akan lebih ingin berpartisipasi dalam sesuatu jika mereka diberi nama dengan ciri tertentu, misalnya “anggota yang keren” akan jauh lebih efektif jika dibandinkan dengan “anggota berbayar”.