Musim hujan sudah tiba lho! Cuaca yang nggak menentu tiap hari ini bisa membuat daya tahan tubuhmu menjadi menurun. Jika dibiarkan terus, bisa-bisa kamu akan mudah terserang berbagai penyakit khas musim hujan, seperti pilek dan batuk. Nah, gimana scaranya menjaga kesehatan tubuh ketika musim hujan tiba? Nih, Kioson kasih tips-tipsnya untukmu!

 

  1. Konsumsi Vitamin

 

spoon with dietary supplements on fruits background

 

Tahukah kamu bahwa asupan vitamin itu penting banget untuk tubuh? Vitamin yang dikonsumsi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh agar nggak mudah terserang penyakit. Nah, di musim hujan seperti ini tentunya asupan vitamin menjadi sangat penting untuk dikonsumsi karena beragam penyakit mudah tumbuh dan berkembang di saat musim hujan. Makanya, jangan lupakan asupan vitamin untuk tubuhmu ya!

 

  1. Segera Mandi Setelah Kehujanan

 

menjaga-kesehatan-saat-musim-hujan-1

 

Di musim penghujan seperti ini, mungkin seringkali kamu harus kebasahan karena terkena hujan. Jika hal tersebut terjadi, kamu harus segera mandi lho ketika sampai di rumah. Tahu nggak kenapa? Air hujan yang mengenai tubuh bukanlah air bersih yang bisa jadi mengandung zat-zat yang nggak baik bagi tubuh. Maka segerakan mandi setelah kamu hujan-hujanan ya! Selain tubuh jadi bersih, kamu juga tetap bisa menjaga kesehatanmu.

 

  1. Jaga Pola Makan

 

menjaga-kesehatan-saat-musim-hujan-2

 

Menjaga pola makan di saat musim hujan itu nggak kalah pentingnya lho! Dengan pola makan yang benar, tubuh kamu bisa menyerapnya dengan baik. Selain menjaga pola makan yang benar, kamu juga harus memperhatikan kandungan gizi dalam setiap makananmu. Nah, asupan nutrisi inilah yang memperkuat daya tahan tubuhmu agar nggak mudah terserang berbagai penyakit.

 

  1. Olahraga secara Rutin

 

menjaga-kesehatan-saat-musim-hujan-3

 

Meskipun hujan turun hampir setiap hari, namun agenda olahraga jangan sampai dilupakan ya! Olahraga membantu tubuh kamu agar lebih kuat dan sehat dalam menghadapi cuaca apapun. Di musim hujan ini, kamu bisa menukar agenda olahraga outoor kamu dengan beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan seperti push up, sit up ataupun yoga. Psst, kamu bahkan bisa melakukannya di rumah lho.

 

  1. Istirahat yang Cukup

 

menjaga-kesehatan-saat-musim-hujan-4

Yang terakhir tapi nggak kalah penting nih, yaitu istirahat. Menjaga kesehatan nggak melulu harus berkaitan dengan pola makan dan olahraga, tapi istirahat juga. Tubuh kamu juga butuh waktu untuk rehat sejenak setelah dipaksa bekerja keras. Tidur yang cukup di malam hari merupakan hal paling mudah yang bisa dilakukan. Jadi, jangan begadang ya!

 

kioson-etailer-bpjs-kesehatan-loket-pembayaran-iuran-google-store-aplikasi-download-andorid-play

 

Itu dia tadi tips-tips mudah menjaga kesehatan dikala musim penghujan. Meski usaha pencegahan itu penting, tapi kamu juga harus punya rencana penanggulangan jika sudah terserang penyakit. Nah, untung banget nih sekarang ada kartu BPJS yang bisa kamu gunakan untuk berobat di klinik maupun rumah sakit terdekat. Jangan lupa juga untuk selalu rutin membayar iurannya agar kartu kamu bisa tetap digunakan. Bingung dimana bayarnya? Di Kioson aja! Di setiap outlet Kioson, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara online. Mudah ‘kan? Pastinya, karena di Kioson semua bisa online!