Biasanya gadget yang canggih hanya bisa bertahan beberapa jam saja karena banyaknya fitur-fitur di dalamnya yang membutuhkan banyak daya baterai. Oleh sebab itu, pengguna gadget membutuhkan powerbank sebagai perangkat wajib yang harus dimiliki. Berikut trik mudah cara memilih powerbank yang berkualitas dan tahan lama!

Kapasitas

Pertama, kita perlu memeriksa kapasitas daya baterai yang dimiliki oleh powerbank tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan pengisian secara maksimal dan baterai menjadi tahan lama. Sebenarnya kapasitas powerbank terkadang tidak sama dengan keterangan kapasitas powerbank yang tertera pada labelnya. Jadi, pilihlah powerbank dari merek yang sudah ternama karena sudah pasti memiliki kapasitas daya yang riil atau hampir sama dengan keterangan kapasitas daya di labelnya.

 

Fitur

Powerbank harus memiliki beberapa fitur penting di dalamnya, seperti high temperature yang berfungsi untuk meminimalisir suhu panas yang terjadi ketika melakukan proses charging. Fitur overcharging protection berguna sebagai pelindung smartphone yang sedang di-charger dengan powerbank saat baterai sudah terisi penuh namun belum dilepas. Sedangkan fitur short circuit protection untuk mengamankan smartphone dari insiden kebakaran saat pengisian daya baterai yang diakibatkan adanya hubungan pendek arus listrik.

 

Tegangan Output

Dengan adanya fitur tegangan output, kita dapat mengetahui seberapa besar tegangan yang akan masuk ke smartphone. Kita juga bisa memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengisian baterai smartphone. Sebagian powerbank memiliki tegangan 1A dan 2A. Sebaiknya gunakan kabel USB asli ketika melakukan pengisian baterai karena tegangan USB dari smartphone asli akan lebih stabil. Dengan begitu, tengangan arus daya saat pengisian baterai tidak akan naik turun yang bisa mengakibatkan kerusakan terhadap smartphone.

 

Aksesoris

Powerbank yang bagus harus memiliki kelengkapan aksesoris, seperti lampu indikator, kabel A/C, konektor dan baterai asli di dalamnya. Jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan aksesoris powerbank sebelum membelinya. Hal tersebut sangat penting agar powerbank bias berfungsi secara maksimal ketika digunakan.

 

Garansi

Sebelum membeli, pastikan powerbank yang dipilih memiliki garansi resmi minimal satu tahun. Garansi resmi menjadi salah satu penanda bahwa produk tersebut memang berkualitas dan tahan lama. Itulah tips mudah memilih powerbank yang berkualitas dan tahan lama.