Pernahkah kamu bayangkan hidup tanpa gadget? Tentunya, hal ini cukup mustahil untuk banyak orang, khususnya di era serba digital saat ini. Hanya dengan modal gadget dan koneksi internet dalam genggaman, banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, bahkan beranjak dari tempat tidur.

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh gadget dan koneksi internet membuat banyak orang ketergantungan dan berdampak pada pengeluaran untuk paket internet yang semakin besar, terutama bagi orang-orang yang aktif bersosial media, browsing, main game, dan nonton video.

Nah, agar kuota tidak terbuang dengan percuma dan biaya paket internet membengkak yang bisa berdampak cukup besar pada keuanganmu, kamu perlu melakukan tips praktis berikut.

 

Matikan Mode Pemakaian Data Saat Tidak Diperlukan

Sumber: www.makemac.com

Jika ingin hemat kuota internet, sebaiknya jangan mengaktifkan mode pemakaian data di gadget/smartphone setiap saat. Mode pemakaian data yang aktif setiap saat akan membuang cukup banyak kuota internet, meskipun kamu sedang tidak menggunakannya. Buat pengaturan kapan kamu harus mengaktifkan mode data dan kapan kamu harus tidak mengaktifkannya. Hal ini perlu dilakukan mengingat tidak setiap saat kamu harus terhubung dengan internet, khususnya saat tidur, bekerja atau belajar.

 

Matikan Fitur Auto-Sync

Sumber: www.rempong.net

Auto sync adalah fitur pada gadget yang berfungsi untuk mensinkronisasi gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan dan meng-update email terbaru secara otomatis. Sebenarnya, fitur ini sangat memudahkan kamu jika ada email masuk, namun fitur ini memakan banyak kuota yang membuat pemakaian kuota internet jadi boros. Agar kuota internet tidak cepat habis, sebaiknya matikan fitur auto-sync dan update email baru secara manual.

 

Gunakan Wi-Fi di Area Publik

Sumber: jalantikus.com

Saat ini, area-area publik, seperti café, mal, kampus, sudah menyediakan fasilitas wi-fi gratis. Untuk menghemat kuota internet, sebaiknya kamu manfaatkan fasilitas wi-fi gratis semaksimal mungkin. Penggunaan wi-fi gratis juga bisa kamu manfaatkan untuk meng-install update terbaru di gadgetmu dan men-download file-file yang kamu perlukan.

 

Matikan Mode Pemakaian Data di Lokasi Susah Sinyal

Sumber: dianisa.com

 Tahukah Sonners? Lokasi-lokasi tertentu yang susah mendapatkan sinyal berdampak pada pemakaian kuota internet yang boros di gadget. Saat mode pemakaian data diaktifkan di gadget, maka gadget otomatis mencari sinyal dan berdampak pada pemakaian kuota internet yang tidak perlu. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya non-aktifkan mode pemakaian data gadgetmu dan aktifkan kembali mode pemakaian data gadget saat sinyal sudah stabil dan dalam kondisi terbaik.

 

Dengan menerapkan 4 hal di atas, diharapkan Sonners dapat menggunakan paket Internet dengan bijak dan biaya paket Internet tidak membengkak sehingga keuangan tetap terjaga. Nah, pastikan Sonners pakai paket internet yang sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan paket internet yang sesuai kebutuhan kamu, dapatkan hanya di Kioson. Ayo, download Kioson di Google Play, daftar dan top up sekarang juga. Dengan Kioson, semua bisa online.