Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa menabung adalah kegiatan menyimpan sejumlah uang untuk keperluan di masa depan. Apakah Sonners yang termasuk di dalamnya? Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Namun, tahukah kamu, menabung tidak hanya sekadar menyimpan sejumlah uang untuk investasi di masa depan, tetapi juga membentuk pola pikir untuk membuat perencanaan keuangan yang matang di masa depan.

Saat menabung, tentunya kamu memiliki target atau tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Oleh karena itu, agar kegiatan menabung kamu lancar dan hasilnya maksimal, simak tips menabung yang mudah diterapkan sehari-hari berikut.

 

Buat Rekening Terpisah

Jika saat ini Anda memiliki rekening pribadi untuk penghasilan Anda, sebaiknya buat rekening baru khusus untuk menabung. Saat gajian, langsung sisihkan 10-20% dari total penghasilan Anda ke rekening tabungan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemakaian penghasilan yang berlebihan di awal bulan dan membuat kamu lebih bijak dan disiplin dalam memanfaatkan sisa penghasilan, sehingga tabungan kamu juga tidak terganggu.

 

Otomatisasi Tabungan

Agar tidak perlu repot memindahkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dan memastikan 10-20% dari penghasilan masuk ke rekening tabungan setiap bulan, gunakan fasilitas auto-debet. Fasilitas ini bisa kamu dapatkan di bank setiap tanggal tertentu dan kamu bisa menentukan berapa jumlah nominal yang ditransfer secara otomatis dari rekening penghasilan ke rekening tabungan.

 

Konsisten

Konsistensi adalah senjata yang paling efektif dalam menabung. Sekecil apapun jumlah nominal yang kamu tabung di awal, kamu akan menuai hasil yang besar di masa depan. Misalnya, jika kamu mulai menabung Rp 500.000 setiap bulan selama 12 bulan akan menjadi Rp 6 juta, jika kamu konsisten menabung selama 10 tahun, maka akan menjadi 60 juta. Bahkan, jika kamu menambah jumlah nominal yang ditabung menjadi Rp 1 juta setiap bulan, tabungan akan menjadi Rp 360 juta dalam 30 tahun.

 

Agar mempermudah kamu dalam menabung, Kioson punya fitur “Laku Pandai”. Caranya, download aplikasi Kioson, daftar jadi agen BNI 46, buka rekening BNI, setor tunai dan tarik tunai. Yuk, gunakan aplikasi Kioson dan mulai menabung dari sekarang!