Memulai bisnis membutuhkan niat dan keberanian untuk mewujudkannya. Kedua hal ini sangat penting bagi pelaku bisnis, khususnya bagi yang belum memiliki pengalaman, agar bisnis yang sudah dimulai dapat bertahan lama dan tidak berhenti di tengah jalan.

Saat ini, banyak cara yang bisa memudahkan kamu untuk memulai bisnis dengan lebih cepat. Salah satunya, franchise atau waralaba, di mana kamu bisa membuka usaha dengan menggunakan brand dari bisnis lain yang telah sukses.

Nah, sebelum memulai bisnis kamu sendiri, berikut beberapa hal penting yang perlu kamu lakukan agar bisa menjadi entrepreneur sukses.

 

Pilih Bisnis Sesuai Minat

Sumber: www.bisnisborneo.com

Mencintai bisnis atau produk yang kamu jual sangat berpengaruh pada semangat dan produktivitas kamu di kemudian hari. Selain itu, kamu akan lebih terpacu untuk menguasai bisnismu dengan lebih cepat. Misalnya, kamu pencinta kopi, maka pilihlah kopi sebagai produk yang kamu jual.

 

Pelajari dan Pahami Konsep Waralaba

Sumber: contohusahasampingan99.blogspot.com

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya pahami produk apa yang akan kamu jual. Riset terlebih dahulu tentang kesuksesan produk tersebut di tempat lain, target pasar dari produk tersebut. Yang tak kalah penting, kamu perlu memahami kontrak waralaba. Keuntungan apa yang kamu dapat sebagai pelaku usaha (franchisee) dari franchisor (pemilik usaha).

 

Tentukan Lokasi Sesuai Target Pasar

Sumber: seribupeluang.blogspot.com

 Jangan asal memilih lokasi bisnis. Pemilihan lokasi yang tepat dapat menentukan kesuksesan bisnismu, sebaliknya jika salah lokasi, bisnismu akan mengalami kerugian. Misalnya, jika kamu membuka bisnis rumah makan, pilihlah lokasi yang dekat dengan kantor, kampus atau sekolah, yang tentunya membutuhkan makanan untuk beraktivitas.

 

Promosikan Produkmu

Sumber: bloggerlemot.blogspot.co.id

 Ada banyak cara mempromosikan produk untuk membantu kesuksesan bisnismu, antara lain memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk, membagikan brosur ke kampus/sekolah/kantor, memberikan harga promo saat bisnismu dibuka, dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah kamu harus kreatif dan unik dalam memasarkan produk untuk menarik pelanggan.

 

Jika sudah melakukan 4 hal di atas, maka hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah modal usaha. Belum ada modal usaha? Jangan khawatir, karena Kioson Andalan dari Danamas akan membantu kamu dalam mewujudkan mimpi sebagai entrepreneur sukses melalui pinjaman modal usaha bagi usaha kecil dan menengah. Yuk, tunggu apalagi? Segera jadi agen Kioson dan download Kioson di Google Play, daftar dan top up. Dengan Kioson, semua bisa online.