Dalam membangun usaha, sudah pasti modal jadi hal pertama yang harus dipertimbangkan. Berapa jumlah yang dibutuhkan serta bagaimana cara mendapatkannya pun seringkali menjadi faktor yang membuat para pengusaha pemula pusing tujuh keliling.

Eits, nggak usah ikutan pusing karena Kioson akan kasih tips-tips jitu untuk kamu yang sedang mengumpulkan modal buat usaha. Penasaran? Yuk intip ulasannya di bawah ini!

 

  1. Menabung

 

menabunng

 

Kamu bisa membuka rekening tabungan khusus untuk keperluan bisnismu. Peraturannya, rekening ini nggak boleh kamu otak-atik agar uang yang tersimpan di sana tetap utuh sampai bisnis kamu berjalan. Nah, kalau sudah begitu kamu tinggal sisihkan deh sebagian dari penghasilanmu setiap bulannya dan setorkan ke dalam rekening tersebut sebagai modalmu untuk menjalankan usaha.

 

  1. ‘Patungan’ dengan Partner

 

patungan-dengan-partner

 

Alternatif ini juga bisa dilakukan sebagai cara untuk mengumpulkan modal usaha. Apalagi kalau kamu sudah memiliki partner bisnis yang tetap, misalkan teman atau pacar kamu. Caranya, kalian bisa melakukan ‘patungan’ dengan nominal yang sudah disepakati sebelumnya untuk dijadikan modal usaha. Setelah itu kalian tinggal menentukan deh timbal balik apa yang akan didapatkan jika hasil ‘patungan’ kalian sukses menghasilkan keuntungan. Jangan lupa, timbal baliknya harus adil ya!

 

  1. Mencari pinjaman

 

mencari-pinjaman

 

Pengertian mencari pinjaman di sini nggak harus selalu ke bank, apalagi ke rentenir lho. Kamu bisa nih mencari pinjaman ke keluarga atau sahabatmu. Namun kamu harus tetap memberikan mereka proposal bisnis yang akan kamu jalankan agar mereka mengetahui dengan jelas seputar rencana dan prospek bisnismu ke depannya. Jangan lupa untuk mengembalikan pinjaman itu kepada mereka ketika bisnismu sudah sukses!

 

  1. Jual/Gadai Barang-barang Bekasmu

 

jual-gadai-barang-barang-bekasmu

 

Punya gudang penuh barang bekas? Kenapa nggak coba kamu jual sebagai tambahan modalmu? Apalagi kalau barang-barang bekas kamu masih memiliki nilai guna yang tinggi, pastinya jika dijual akan menghasilkan uang yang cukup lumayan dan bisa digunakan untuk modal usahamu. Kalau masih merasa nggak rela untuk menjualnya, kamu bisa mencoba untuk gadaikan barang-barang tersebut sebagai alternatif. Nah, kalau bisnis kamu sudah mulai menghasilkan tinggal kamu menebus barang-barang tersebut.

 

  1. Mengikuti Beragam Kompetisi Bisnis

 

kompetisi-bisnis

 

Kompetisi bisnis bisa jadi sarana kamu buat mendapatkan modal lho! Biasanya hadiah yang ditawarkan pada kompetisi ini berupa hibah dana untuk modal bisniskamu. Lumayan banget ‘kan? Nah, tipsnya jika ingin mengikuti kompetisi bisnis ini adalah kamu harus memiliki ide bisnis yang segar dan unik serta proposal yang serius agar mampu mengalahkan kompetitor-kompetitor lainnya.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan modal usaha. Gimana? Udah nggak bingung ‘kan sekarang harus cari modal dimana?

 

kioson-etailer-download-aplikasi-bisnis-peluan-usaha-google-play-android-pengusaha

 

Sudah mau mulai berbisnis tapi modal maish dikit? Tenang aja. Kan ada Kioson! Di Kioson kamu bisa berjualan tanpa butuh modal yang besar. Mau coba? Yuk buruan download aplikasinya di sini, daftar, dan mulai berjualan!