Jika saat kecil, kegiatan berhemat hanya identik dengan kegiatan menabung uang untuk mendapatkan sebuah barang yang diidam-idamkan. Dewasan ini, berhemat bisa menjadi salah satu cara  untuk memajukan sebuah bisnis bagu para wirausahawan. Dalam berbisnis, tentunya setiap pengusaha harus pintar-pintar dalam mengatur cashflow agar keuntungan yang masuk dapat digunakan secara optimal. Nah, mau tahu tips jitu berhemat untuk para pengusaha? Simak ulasannya di bawah ini ya!

 

  1. Cari tempat atau ruang usaha dengan harga terjangkau

 

 

Pemilihan lokasi dan tempat usaha memang akan mempengaruhi laris atau nggaknya bisnismu nanti. Meksipun begitu, biasanya lokasi yang sudah terkenal dan ramai memiliki harga sewa yang cukup mahal. Jadi bagi pengusaha yang baru mau mulai berbisnis, usahakan untuk mencari lokasi yang bisa disewa dengan harga yang lebih terjangkau dan terletak di tempat yang strategis dan masih memungkinkan untuk dilalui keramaian. Nggak harus di pusat kota, di pinggiran kota pun banyak kok lokasi-lokasi yang potensial untuk dijadikan tempat berbisnis. Selamat mencari!

 

  1. Manfaatkan sumber daya yang ada

 

 

Mau lebih hemat lagi? Kamu bisa memanfaatkan beragam sumber daya yang sudah dimiliki. Ada ruang kosong di rumah? Gunakan saja tempat tersebut untuk ruang untuk menjalankan usahamu. Selain itu, jika kamu memiliki barang-barang lain yang sekiranya mendukung jalannya bisnis milikmu, kamu bisa juga memanfaatkan barang-barang tersebut untuk menjalankan kegiatan operasional usahamu. Daripada kamu harus merogoh kocek lagi untuk membeli ragam peralatan yang sebenarnya sudah dimilik. Akan lebih hemat bukan?

 

  1. Perhitungkan dengan jeli setiap investasi

 

 

Setiap sen yang digunakan untuk kepentingan investasi bisnis memang harus bisa diperkirakan agar kamu juga bisa menghitung keuntungan yang akan diterima untuk mengembalikan modal usahamu. Maka dari  itu, kamu harus cermat dalam melakukan investasi. Jangan sampai uang yang sudah dikeluarkan malah terbuang secara sia-sia dan membuat usahamu jadi rugi. Perhatikan dengan teliti setiap dana, sumber daya barang maupun manusia yang akan diperdayakan dalam menjalankan bisnismu. Kamu juag harus memperhatikan setiap efek positif dan negatif sebelum menggunakan setiap modal yang akan digunakan.

 

  1. Pekerjakan seorang akuntan

 

 

Akan lebih baik kalau kamu memiliki seorang akuntan untuk bisnismu sendiri. Fungsi akuntan adalah sebagai pengatur alur keuangan yang akan mencatat berbagai pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis yang kamu miliki. Sebagai seorang yang paham seputar cashflow, akuntan pasti tahu mengenai langkah-langkah finansial terbaik yang harus diambil agar bisnis kamu dapat berkembang dengan pesat.

 

  1. Gunakan media promosi yang efektif

 

 

Penggunaan media promosi yang efektif dapat menghemat keseluruhan anggaran biaya usaha kamu lho. Sekarang adalah zamannya online, jadi kamu nggak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk mencetak beragam brosur dan flyer untuk disebar kepada masyarakat sebagai ajang promosi usahamu. Kamu hanya perlu membuat akun Facebook atau Instagram untuk mempromosikan usahamu dan bisa mendapatkan target pasar yang jauh lebih luas dibandingkan jika melakukan promosi secara offline. Kamu juga bisa memasarkan beragam produk usahamu melalui berbagai marketplace yang bisa menghemat biaya promosi nampun dengan hasil yang maksimal.

 

 

Masih bingung dalam memulai bisnismu sendiri? Ayo, temukan peluang usahamu di Kioson. Dengan menggunakan aplikasi Kioson, kamu bisa menghemat anggaran biaya usahamu secara signifikan lho! Di Kioson, kamu nggak perlu bingung soal sewa tempat apa lagi stok barang. Kamu cuma perlu memasarkan produk yang mau dijual dan Kioson yang akan langsung mengirimkannya kepada pelangganmu. Woow! Gampang dna hemat biaya banget ‘kan? Ditambah lagi, kamu juga bisa mendapatkan komisi berlimpah dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Makanya, yuk buruan download aplikasi Kioson di sini, daftar dan siap-siap dapat untung berlimpah!