Investasi adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan agar lebih terjamin. Ada beragam jenis investasi yang dapat kamu pilih, di antaranya investasi emas, properti, tanah, saham, dan masih banyak lainnya. Salah satu investasi yang diminati oleh masyarakat adalah saham karena dapat memberikan banyak keuntungan.

Namun, sebelum memulai investasi saham, terlebih bagi pemula, tentunya ada beberapa pengetahuan dan teknik berinvestasi saham yang perlu kamu pahami agar bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Simak tips menjalankan investasi saham bagi pemula berikut.

 

Perlakukan Saham Sebagai Bisnis

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula saat berinvestasi saham adalah mindset “main saham”. Mindset seperti ini menganggap investasi saham hanya sebagai permainan dan tidak serius sehingga tidak memperhatikan potensi kerugian yang timbul. Untuk menghindari kerugian, mulai perlakukan saham sebagai investasi bisnis yang membuat kamu lebih siap dan berhati-hati dalam menjalankan saham.

 

Reputasi Perusahaan

Sebelum masuk dalam investasi saham, pastikan reputasi perusahaan investasi dengan mengenal bidang usaha yang dijalankan perusahaan tersebut. Hindari membeli saham di perusahaan yang bidang usaha atau lokasinya tidak jelas karena risiko kerugian saham makin besar.

 

Profesional dan transparan

Masih berhubungan dengan poin kedua, untuk memastikan keuntungan dalam berinvestasi saham, pilih perusahaan dengan manajemen yang dikelola secara profesional, transparan dan memiliki tingkat integritas yang tinggi.

 

Peningkatan Laba

Pilih perusahaan yang memiliki penjualan yang meningkat setiap waktu yang dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Pastikan keuntungan yang didapat berasal dari hasil operasional atau dari penjualan aset. Hal ini menandakan perusahaan tersebut berjalan dengan baik.