Umur manusia merupakan rahasia Tuhan Yang Maha Esa. Namun, manusia dikaruniai akal dan pikiran untuk berusaha dalam mewujudkan hidup yang sehat dan panjang umur. Hal ini dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah tentang beberapa makanan yang memiliki pengaruh langsung untuk hidup sehat dan panjang umur. Penasaran dengan makanan-makanan super tersebut? Ayo, simak ulasan berikut.

 

Bawang Putih

Jurnal ilmiah di Pennsylvania menemukan bahwa fitokimia dalam bawang putih mampu menghentikan pembentukan karsinogenik penyebab kanker dalam tubuh, dan perempuan yang konsumsi lebih banyak bawang putih memiliki risiko terkena kanker usus besar lebih rendah dibandingkan perempuan yang jarang konsumsi bawang putih.

Minyak Zaitun

Selain rasanya yang lezat, minyak ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Kandungan lemah tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun berkhasiat untuk kesehatan jantung dan umur panjang. Penelitian juga menemukan kaitan antara minyak zaitun dan pencegahan kanker. Konsumsi setidaknya dua sendok makan minyak zaitun per hari.

Tomat

Ingin hidup panjang? Konsumsi tomat secara rutin. Lycopene dalam tomat dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang melawan karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

Cokelat

Berdasarkan penelitian dari Harvard University pada lebih dari 8,000 pria, pria yang makan cokelat hingga tiga kali dalam satu bulan hidup hampir satu tahun lebih panjang dibandingkan yang tidak konsumsi cokelat. Rahasianya adalah flavonol, zat yang terdapat dalam biji kakao dan terkandung paling  banyak dalam dark chocolate.

 Kopi

Penelitian pada 2008 dari Harvard University menemukan bahwa perempuan yang minum kopi 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko meninggal 26% lebih rendah dibandingkan bukan peminum kopi. Penelitian dari National Institutes of Health dan AARP memperkuat teori tersebut yang menemukan bahwa peminum kopi-baik pria dan perempuan-cenderung hidup lebih panjang dibandingkan bukan peminum kopi.