Energi listrik memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia banyak bergantung pada energi listrik, mulai dari pekerjaan rumah tangga, hiburan (televisi, radio, ponsel, laptop), pekerjaan sekolah hingga pekerjaan kantor. Namun, di balik ketergantungan manusia terhadap energi listrik, ketersediaan energi listrik masih terbatas.

Untuk mengantisipasi kekurangan energi listrik, maka diperlukan pola hidup hemat untuk meminimalisir penggunaan listrik sehingga tagihan listrik tidak membengkak. Awali pola hidup hemat listrik sejak di rumah dengan tips berikut.

 

Matikan Peralatan Saat Tidak Digunakan

Sumber: www.majalah-holiday.com

 

Tinggalkan kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati. Barang elektronik yang masih tertancap pada saklar membuat energi listrik terbuang sia-sia dan tagihan listrik akan membengkak. Saat tidak digunakan, pastikan pengisi daya gadget, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya, dicabut.

 

Gunakan Lampu Secara Bijak

Sumber: idea.grid.id

 

Sebaiknya gunakan lampu hemat energi yang penggunaannya disesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya, terapkan aturan untuk mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00. Jika tidak terlalu membutuhkan lampu, manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di siang hari. Kebiaasaan hemat listrik di rumah akan membantu kamu dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan mengurangi biaya tagihan listrik.

 

Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Sumber: batam.tribunnews.com

 

Sistem pulsa adalah cara lain dalam menghemat penggunaan listrik. Dengan menggunakan listrik pulsa, kebutuhan listrik bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah direncanakan sebelumnya dalam satu bulan.

Manfaat dari penggunaan listrik pulsa adalah membuat kamu lebih bisa mengontrol pemakaian listrik karena saat pulsa listrik habis, maka secara otomatis semua aliran listrik di rumah akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali, kamu harus membeli pulsa listrik lagi.

 

Nah, Sonners, jadikan tips di atas sebagai panduan kamu untuk memulai kebiasaan hemat listrik sejak dari rumah. Buat kamu yang ingin hemat listrik, Kioson bisa bantu kamu banget, loh. Di Kioson, kamu bisa beli token listrik dengan harga bersahabat. Cukup download Kioson di Google Play, daftar dan top up saldo. Dengan Kioson, semua bisa online.