Dalam memulai usaha, memilih mitra bisnis yang tepat adalah suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Selain dapat berbagi beban pekerjaan dalam membangun bisnis, mitra bisnis juga berguna untuk bertukar pikiran dan berdiskusi jika suatu saat usaha yang kamu jalankan menemui hambatan.

Jadi, apa saja sih tips dan trik dalam memilih mitra bisnis yang tepat dan cocok? Di bawah ini, Kioson akan memberikan bocorannya. Intip yuk!

 

  1. Cari Mitra Bisnis yang Bisa Saling Melengkapi

 

mencari partner bisnis 2

 

Fungsi dari seorang mitra bisnis adalah untuk membantu kamu meningkatkan bisnismu. Maka dari itu, kamu harus bisa mencari partner bisnis yang bisa melengkapi dan menyeimbangkan kekurangan-kekuranganmu dengan kelebihan yang dimilikinya. Jadi, kamu dengan mitra bisnismu bisa saling sharing dan diskusi bersama dalam menentukan strategis bisnis maupun dalam memecahkan masalah atau tantangan yang ada.

 

  1. Mitra Bisnis Harus Bisa Dipercaya

 

businessman and businesswoman shaking hands

 

Menjalankan sebuah usaha bukan merupakan sebuah proyek main-main saja. Harus ada tanggung jawab dan kesungguhan di dalamnya. Begitupun dengan mitra bisnis, kamu harus mencari mitra bisnis yang bisa bertanggung jawab dan dapat kamu percaya dengan seluruh elemen bisnismu. Dengan begitu, kamu dan partner bisnismu bisa saling percaya dan men-support satu sama lainnya demi memajukan usahamu bersama.

 

  1. Membuat Perjanjian Kemitraan

 

mencari partner bisnis 3

 

Agar hubungan bisnis antara kamu dan mitra bisnis dapat terjalin secara professional, maka kamu membutuhkan sebuah perjanjian kemitraan yang tertulis. Kamu harus menjelaskan apa saja hak dan kewajiban, posisi, tugas, sampai dengan pembagian keuntungan. Perjanjian ini nantinya juga akan berguna sebagai penengah ketika kalian berdua menghadapi konflik lho.

 

  1. Menjaga Kode Etik

 

mencari partner bisnis 4

 

Dalam berbisnis, tentunya ada beberapa kode etik yang harus dipatuhi kamu dan mitra bisnismu. Etika ini memang nggak tertulis seperti perjanjian kemitraan sebelumnya, namun sangat penting untuk menjaga hubungan baik antara kamu dan mitra. Jika kamu dan mitra bisnismu menjunjung tinggi etika, maka terciptalah hubungan baik diantara kalian dan membangun usaha pun akan menjadi lebih mudah.

 

  1. Singkirkan Ego Masing-Masing

 

mencari partner bisnis 6

 

Membangun bisnis bersama mitra berarti harus siap melepas sebagian kontrol demi kemajuan usahamu bersama. Maka dari itu, kamu harus mulai menyingkirkan egomu dan membiarkan mitra bisnismu memegang kendali atas bisnis kalian. Kamu juga harus memberikan kepercayaan kepadanya, sehingga mitra bisnis kamu dapat dengan leluasa mengembangkan usaha dan menjalankan tugas masing-masing.

Memang banyak pertimbangan yang harus diperhatikan ketika hendak memilih mitra bisnis. Namun demi kemajuan usaha kamu apa salahnya menghabiskan waktu dan tenaga yang lebih agar ke depannya bisnis kamu dapat berkembang. Jika sudah  menemukan mitra yang sekiranya cocok, kamu tinggal menjalankan bisnismu deh!

Masih bingung cari mitra bisnis yang tepat untukmu? Kamu bisa lho menjadikan Kioson sebagai partner bisnismu. Makanya gabung buruan di Kisoon. Caranya gampang banget! Download aplikasinya di sini, daftar, top up saldo dan siap-siap mendapatkan komisi dan keutungannya yang berlimpah.