Pernahkah kamu membutuhkan dana yang besar untuk kebutuhan yang harus dicukupi saat ini namun belum memiliki dana tersebut? Misalnya, untuk membeli kendaraan, memperluas bisnis atau usaha, dana pendidikan, biaya rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Salah satu solusinya adalah mengajukan pinjaman uang kepada pihak atau lembaga lain. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih lembaga untuk meminjam uang. Pilihlah pihak atau lembaga yang terpercaya dalam proses peminjaman uang agar kamu tidak terjebak besarnya bunga pinjaman yang bisa menimbulkan utang di masa depan.

Agar tidak salah memilih tempat untuk meminjam uang, simak tips berikut:

 

Pinjaman di Bank

Sumber: modalkita.com

Bank adalah lembaga yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mengajukan dana pinjaman karena banyak kemudahan yang ditawarkan. Sebelum meminjam uang di bank, sebaiknya buktikan kredibiltas bank tersebut  dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Mulai besarnya bunga, tenor pinjaman, hingga besarnya penalti seandainya ingin melunasi.

Ada beberapa hal yang kamu perhatikan sebelum mengajukan permohonan pinjaman di bank:

  • Sesuaikan Pinjaman dengan Kebutuhan

Hindari mengajukan pinjaman yang melebihi kebutuhan. Jangan tergiur tawaran pinjaman besar karena uang itu bukan milik Anda, tetapi pinjaman dari bank yang wajib dibayar lengkap dengan bunganya.

  • Rencanakan Pembayaran

Pastikan kamu sudah memiliki perencanaan pembayaran, misalnya sumber untuk membayar dan sistem pembayarannya di kemudian hari.

  • Bunga Rasional

Agar pengembalian pinjaman tidak membengkak karena tambahan bunga yang tidak rasional, pilihlah bank yang memberikan bunga rasional.

  • Jaminan

Jika kamu belum benar-benar yakin dengan risiko yang akan diterima jika terjadi masalah pembayaran angsuran, sebaiknya tidak perlu menggunakan jaminan untuk pinjaman.

 

Pegadaian

Sumber: www.sambilnongkrong.com

Salah satu lembaga milik pemerintah yang menyediakan fasilitas dana pinjaman adalah Pegadaian. Ada beberapa syarat dan tahapan yang harus kamu lewati untuk mengajukan pinjaman di pegadaian, yaitu:

  • Datang langsung ke Pegadaian dengan membawa barang yang dijadikan jaminan.
  • Petugas akan meneliti kualitas barang jaminan dan ditentukan harganya.
  • Setelah harga diberikan, petugas akan memberikan pinjaman sebesar nilai tersebut, tanpa dipotong biaya kecuali potongan premi asuransi.
  • Barang jaminan meliputi, perhiasan, alat-alat elektronik dan kendaraan mobil atau motor dengan menggadaikan BPKB.

 

Nah, selain dua lembaga di atas, sekarang kamu juga bisa memperoleh dana segar dalam waktu yang singkat melalui Kioson Andalan. Kioson Andalan adalah program pinjaman modal usaha yang diberikan oleh Danamas melalui Kioson untuk para pedagang toko kelontong yang telah bergabung sebagai agen Kioson.Pastikan kamu telah terdaftar sebagai agen Kioson dengan download Kioson di Google Play.