Traveling sendirian ternyata menyenangkan juga lho. Kamu bisa menentukan sendiri destinasi wisata pilihanmu tanpa harus pusing berkompromi dengan kemauan orang lain dan bisa fokus mengenal orang-orang baru—baik itu masyarakat sekitar, maupun sesama traveler. Namun, ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan agar agenda traveling kamu tetap merasa aman dan nyaman meskipun sendirian. Mau tau apa aja? Simak ulasannya di bawah ini ya!

 

  1. Cari info sebanyak-banyaknya

Sebelum memutuskan untuk traveling sendirian, kamu harus melakukan riset dulu mengenai tempat yang akan didatangi. Cari info sebanyak-banyaknya mengenai harga tiket, akomodasi, transportasi umum di sana, rute, hingga harga tiket untuk masuk tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Hal-hal tersebut akan memudahkan kamu untuk menyusun rencana traveling dan memperkirakan biaya serta resiko yang akan ditemui di sana.

  1. Membuat anggaran dan rencana perjalanan

Setelah mendapatkan info yang cukup lengkap mengenai tempat tujuan traveling-mu, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran beserta rencana perjalanan. Saat traveling sendirian, kamu tentu nggak bisa bertanya kepada orang lain kemana harus pergi selanjutnya. Maka dari itu, membuat rencana perjalanan sangat penting agar kamu nggak kebingungan harus pergi kemana saja. Sementara itu, anggaran dibuat agar kamu bisa memperkirakan berapa budget yang harus disiapkan untuk perjalanan tersebut.

  1. Pilih penginapan yang terjangkau

Biasanya saat melakukan traveling sendirian, ada baiknya jika kamu memilih penginapan yang lebih terjangkau dan memiliki ruang publik. Hostel atau dorm bisa menjadi alternatif yang tepat bagi para solo traveler lainnya. Selain harganya yang murah, kamu juga bisa berkenalan dengan traveler lain karena kedua jenis penginapan tersebut biasanya dilengkapi dengan ruang publik, seperti dapur bersama maupun ruang rekreasi. Kamu juga bisa mengakses couchsurfing, yaitu sebuah website yang memungkinkan kamu untuk menumpang di rumah masyarakat lokal yang mengiklankan tempat tinggalnya di situs tersebut.

  1. Bawa barang-barang yang memang diperlukan

Sebagai seorang solo traveler, pastinya kamu nggak mau ‘kan repot membawa banyak tas atau koper kemana pun pergi? Oleh karena itu, kamu hanya perlu membawa barang yang memang diperlukan saja dan dikemas dengan simpel saja agar memudahkan kamu saat melakukan mobilisasi. Hal tersebut juga bisa menghindarkan kamu dari risiko penipuan yang biasanya menyasar para turis yang terlihat membawa banyak barang. Stay safe, guys!

  1. Simpan uang dan dokumen penting di tempat yang aman

Saat kamu traveling, kamu harus ekstra hati-hati dalam menyimpan uang, dokumen, dan barang-barang berharga lainnya. Berada di tempat yang asing, membuat kamu jadi sasaran empuk untuk jadi korban kejahatan. Selama perjalanan, ada baiknya kamu menyimpan uang dna kartu kredit di tempat yang berbeda misalkan, di kaus kaki atau sauk. Tinggalkan juga sebagian uang di dalam tas yang kamu simpan di loker penginapan agar jika terjadi apa-apa di jalan, kamu masih memiliki uang cadangan.

  1. Catat nomor-nomor penting dan simpan nomor orang terdekat sebagai nomor darurat

Penting banget buat kamu untuk mencatat nomor-nomor telepon penting di tempat yang akan disinggahi, terutama nomor telepon penginapan, kantor polisi, dan rumah sakit. Hal ini dilakukan agar ketika tertimpa musibah, kamu tahu harus menghubungi siapa. Nggak boleh ketinggalan, kamu juga harus menyimpan nomor orang terdekat sebagai kontak darurat jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan bantuan.

Itu dia tips aman dan nyaman saat traveling sendirian. Ada satu lagi nih yang nggak boleh ketinggalan agar kegiatan traveling-mu semakin nyaman. Yap! Membeli asuransi perjalanan. Dengan asuransi perjalanan kamu nggak perlu lagi khawatir akan kerugian dari musibah yang menimpa kamu di perjalanan, seperti delay dan kecelakanaan.

Dimana belinya? Nggak perlu repot, karena sekarang Kioson menyediakan produk asuransi perjalanan dari SIMASNET. Yuk, segera kunjungi outlet-outlet Kioson terdekat dan temukan produk Asuransi Simasnet!