Perkembangan teknologi yang pesat di segala bidang semakin memudahkan kehidupan sehari-hari manusia. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi adalah belanja online. Dengan belanja online, segala kebutuhan manusia dapat dipenuhi hanya dengan bermodalkan laptop atau PC untuk mengakses toko-toko online. Dengan cara ini, belanja online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja

Namun, di balik kemudahan belanja online, ada beberapa aturan main yang perlu kamu perhatikan agar terhindar dari kasus penipuan transaksi online yang marak akhir-akhir ini. Simak tips aman belanja online berikut.

 

Pastikan PC atau Laptop Aman Dari Ancaman Internet

Untuk melindungi PC atau laptop dari berbagai macam ancaman virus malware, spyware dan spam, sebaiknya pasang software pelindung pada PC atau laptop. Hal ini untuk menjaga transaksi online tetap aman, mengingat kamu akan memberikan informasi pribadi, seperti kartu kredit atau kartu debit.

Cek Kredibilitas Toko Online

Sebelum belanja online, lakukan riset untuk mencari tahu reputasi toko online tersebut di Google. Pastikan situs web tersebut memiliki tanda berupa gambar gembok di status bar browser. Saat kamu memasukkan informasi pribadi, pastikan alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’ yang berarti informasi pembayaran dienkripsi atau lebih aman. Setelah itu, cari tahu ulasan dan testimoni dari konsumen yang menggunakan toko online tersebut. Jika ada nomor telepon penjual, hubungi untuk memastikan nomor tersebut benar-benar si penjual.

Hindari Komputer Umum Untuk Transaksi

Transaksi online menggunakan informasi finansial yang sifatnya sangat pribadi. Oleh karena itu, hindari penggunaan komputer atau platform umum dan selalu gunakan PC atau laptop pribadi kamu dan pastikan saat bertransaksi, kamu menggunakan jaringan Wi-Fi yang terenkripsi (dilindungi oleh password dan bersifat pribadi) yang membuatnya lebih aman.

Jangan Tertipu Email Phising

Sebaiknya waspada jika kamu mendapatkan email promosi dari pihak ketiga website yang intinya meminta informasi pribadi, khususnya finansial. Agar terhindar dari kasus phising, pastikan untuk selalu mengecek kredibilitas website tersebut (cek poin 2).

Nah, agar belanja online lebih aman, saatnya bertransaksi bersama Kioson, aplikasi yang memudahkan kamu untuk belanja online, transfer uang, transfer pulsa, beli pulsa, beli token listrik, dan masih banyak lagi. Ayo, jadilah bagian dari mitra sukses Kioson. Caranya: download Kioson di Google Play, daftar, top up, dan transaksi online sesukamu!