Bahaya Merokok 1

Sumber foto: kompasiana
By: Rain

Coba lihat sekitar kita, Ayah, Ibu, saudara, teman atau diri kita sendiri. Apakah ada yang merokok secara aktif? Jika ya, maka di hari tanpa tembakau ini kamu harus mengurangi penggunaan rokok yang tentunya mengandung tembakau.

Hasil survey dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 mengungkapkan bahwa angka kematian akibat rokok di Indonesia setiap tahun mencapai 405.720 orang. Berarti setiap hari ada 1.127 orang yang meninggal karena rokok dan sekitar 46 orang meninggal setiap jamnya. Tulus Abadi selaku pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia mengatakan 14,5 persen dari korban yang meninggal adalah remaja.

Bahaya Merokok 2
Sumber foto: paling aneh

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan hanya karena rokok, membuat kita pastinya tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada kita maupun keluarga.

Belum lagi kandungan lebih dari 4.000 zat kimia yang terdapat pada satu batang rokok seperti nikotin, gas karbon monoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, urethan, benzen methanol, kumarin, 4-etilkatenol,ortokresol, perylene dan masih banyak lagi dapat memicu aktifnya sel – sel kanker, seperti kanker paru, emfisema, bronkitis kronik, nasofarings, kanker mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih dan raim. Penggunaan rokok yang dapat menyebabkan aterosklerosis atau yang disebut dengan pengerasan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, hipertensi, stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan dan impotensi.

Kanker yang paling berbahaya dan menjadi pembunuh paling menakutkan adalah kanker paru – paru. 30% dari total kematian akibat kanker berasal dari kanker paru – paru. Asap rokoklah yang menjadi alasan utama pemicu kanker ini.

Bahaya Merokok 3
Sumber foto: saibumi

Banyak dari perokok yang mengalami serangan jantung dan telah dibuktikan karena penyempitan arteri akibat merokok. Penggumpalan darah yang disebabkan oleh rokok juga menjadi penyebab utama  yang menyebabkan jantung diforsir dan harus bekerja lebih keras dari biasanya.

Sonners, bahaya banget kan dampak dari kita merokok. Kita juga pastinya tidak mau jika orang terdekat kita meninggalkan kita untuk selama – lamanya ataupun sebaliknya. Belum lagi dana yang biasanya digunakan untuk membeli rokok sangat menguras kantong. Bayangkan jika dalam satu hari seseorang dapat menghabiskan 1 – 2 bungkus rokok karena sudah sangat kecanduan. Jika dikalikan untuk sebulan, maka uang tersebut dapat kita gunakan untuk kegiatan yang lebih positif dan menghasilkan juga.

Bahaya Merokok 4
Sumber foto: Finansialku

Daripada menjadi konsumen akut, mendingan kita jadi pebisnis akut. Jika uang yang dihabiskan sebulan hanya untuk rokok digunakan menjadi modal bisnis tentunya kita bakalan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan yang bertambah terus – menerus bisa kamu dapatkan setelah kamu bergabung dengan KIOSON. Kamu dapat  melakukan transaksi penjualan apa saja seperti pulsa, paket data, asuransi, pembayaran tiket transportasi, fashion, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, di hari tanpa tembakau ini, tanpa menunggu lama lagi langsung saja daftar menjadi mitra KIOSON. Download aplikasinya di PlayStore, daftar dan lakukan pengisian saldo. Tingkatkan juga penjualanmu dalam mengisi hari – hari barumu tanpa tembakau.