Air merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Meskipun air adalah salah satu sumber daya alam yanga dapat diperbaharui, namun ternyata hanya ada sekitar 1% air di dunia ini yang bisa dikonsumsi secara aman oleh manusia. Jadi jika manusia mengalami kekurangan air, pastinya hal tersebut akan menjadi bencana yang besar bagi manusia. Kemudian apa yang harus dilakukan? Dengan mengikuti lima cara mudah menghemat air di bawah ini, kamu bisa mengurangi penggunaan air yang nggak perlu dan membantu menyelamatkan lingkungan lho.

 

  1. Mandi menggunakan shower atau pancuran air

 

 

Tahukah kamu bahwa mandi menggunakan gayung dapat menghabiskan sekitar 15 liter air? Jumlah yang sangat banyak ya, jika dibandingkan dengan mandi memakai shower yang hanya menghabiskan sekitar 9 liter saja. Oleh karena itu, mandi menggunakan shower dapat membantu usaha penghematan air di rumah.

 

  1. Matikan keran air

 

 

Ketika sedang mencuci tangan atau menyikat gigi, pasti kamu sering ‘kan membiarkan keran air terbuka terus? Nah, sebenarnya kebiasaan tersebut merupakan sebuah pemborosan air lho. Air keran yang nggak terpakai tersebut akan terbuang dengan sia-sia dan bisa saja membuat tagihan airmu menjadi membengkak. Nggak mau ‘kan hal itu sampai terjadi? Makanya, biasakan dirimu mulai sekarang untuk menghemat penggunaan air dari kebiasaan-kebiasan kecil seperti mematikan keran saat sedang nggak dibutuhkan.

 

  1. Bijak dalam mencuci pakaian

 

 

Saat hendak mencuci pakaian, ada baiknya kamu menunggu dulu hingga pakaian-pakaian yang akan akan dicuci mencapai jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, kamu nggak akan membuang air secara percuma hanya untuk mencuci satu atau dua lembar pakaian saja. Gunakan mesin cuci yang memiliki teknologi hemat air agar membantumu mengurangi penggunaan air hingga 11.000 liter per tahun.

 

  1. Perhatikan waktu mandi

 

 

Saat mandi, sebaiknya kamu nggak perlu menghabiskan waktu lama kecuali jika tubuhmu sedang sangat kotor. Terlalu lama berada di kamar mandi bisa membuatmu menjadi boros saat menggunakan air. Oleh karenanya, sebaiknya kamu mengatur waktu mandimu agar mencegah pemborosan dalam penggunaan air.

 

 

  1. Segerakan memperbaiki kebocoran

 

 

JikaK pipa air kamu bocor, jangan tunda untuk memperbaikinya. Kebocoran pada pipa air jika nggak langsung ditangani dengan tuntas akan menyebabkan banyak air terbuang secara percuma lho. Nggak mau ‘kan hal tersebut sampai terjadi? Makanya, jangan menunda untuk memperbaiki kebocoran pipa air di rumahmu ya!

 

 

Itu tadi tips-tips sederhana untuk menghemat air. Jangan lupa ya untuk rutin membayar tagihan air kamu agar nggak terjadi pemadaman secara tiba-tiba. Dimana bayarnya? Di Kioson pastinya! Sistem pembayaran secara online yang mudah dan cepat pastinya akan memudahkan kamu banget nih untuk membayar tagihan air. Yuk, kunjungi outlet Kioson terdekat!