Siapa sih yang tidak ingin memiliki pekerjaan impian dan mendapatkan gaji yang besar? Tentunya, tidak ada, ya. Namun, tidak semua orang mendapatkan pekerjaan semacam itu dan memiliki gaji bulanan yang stabil. Banyak juga yang memilih untuk memulai bisnis sendiri, baik kecil, menegah atau besar.

Jika Anda memilih untuk merintis usaha secara kecil-kecilan, tentunya pernah mengalami pasang surut bisnis atau pendapatan yang fluktuatif. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus agar Anda tetap memiliki tabungan untuk kebutuhan di masa depan.

 

Tentukan Jumlah Uang Untuk Ditabung

Membuat perkiraan jumlah uang yang akan ditabung sangat penting untuk memulai tabungan. Tentunya, Anda perlu menyesuaikan nominal yang akan ditabung dengan pendapatan Anda. Caranya, dengan membandingkan pengeluaran dan pendapatan dalam jangka waktu tertentu.

Contoh: jika Anda ingin membeli mobil dengan harga Rp 50 juta, maka setidaknya Anda perlu menyisihkan Rp 5 juta dari pendapatan keseluruhan. Tentukan juga berapa lama mobil itu ingin dibeli dan sesuaikan dengan tabungan Anda.

 

Menabung Secara Konsisten Setiap Bulan

Pastikan Anda konsisten menabung dalam jumah uang yang sama dari waktu ke waktu setiap bulan. Hal ini penting untuk dilakukan agar tujuan keuangan Anda dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target waktu yang diharapkan. Bahkan, tak jarang dari tabungan tersebut masih terdapat sisa dana yang dapat dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

 

Antisipasi Pengeluaran Tak Terduga

Untuk menghindari tabungan cepat habis karena pengeluaran tak terduga sehingga menyebabkan seseorang susah untuk menyisihkan uang, maka Anda menyiapkan daftar pengeluaran pokok per bulan. Dengan adanya daftar ini, maka tabungan Anda dapat direncakan dengan lebih baik. Agar tujuan keuangan Anda terlaksana, tambahkan tabungan saat anda mendapatkan penghasilan tambahan maka.

 

Buat Proyeksi Pendapatan Tambahan Jangka Panjang

Pendapatan tak hanya diperoleh dari menabung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, buat proyeksi pendapatan tambahan dalam beberapa bulan ke depa. Proyeksi pendapapatan tambahan ini diperlukan agar jumlah tabungan Anda terus meningkat dan juga mengantisipasi adanya pengeluaran tak terduga.

Sumber: www.cobabaca.net

 

Dengan strategi menabung yang benar, kamu pastinya akan lebih siap untuk menabung dan mendapatkan hasil yang maksimal. Menabung kini lebih mudah dengan Kioson, loh. Kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke ATM untuk transfer uang karena mitra Kioson terdekat yang akan melakukan transfer ke semua bank yang kamu mau. Yuk, download aplikasi Kioson sekarang dan jadilah mitra sukses Kioson!