Apa arti kemerdekaan buat kamu? Mungkin ada yang menjawab bebas berkarya dan berekspresi, atau ada juga yang menjawab Indonesia yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Apapun jawabannya, kemerdekaan memiliki banyak arti.

Kemerdekaan tidak hanya berhubungan dengan perayaan ulang tahun suatu negara, tetapi juga bisa diartikan sebagai proses untuk menemukan diri sendiri dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Nah, untuk menyambut perayaan kemerdekaan Indonesia tercinta yang ke-72, KIOSON ingin mengajak kamu untuk belajar menemukan diri sendiri dan berubah ke arah yang lebih baik melalui tips praktis berikut.

 

Tentukan Tujuan

Sebelum melakukan perubahan, tulis tujuan kamu berubah dan ubah tujuan itu menjadi “visi” yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan perubahan tersebut tak hanya bermanfaat bagi kamu, tetapi juga bagi orang lain. Misalnya, “rajin bangun pagi supaya lebih sukses”, kamu tambahkan menjadi “rajin bangun pagi supaya lebih sukses untuk membahagiakan orang tua”. Hal ini akan memotivasi kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

Mengubah Kekurangan Menjadi Kelebihan

Tuhan menciptakan manusia dengan bakat dan keunikannya masing-masing. Perbedaan-perbedaan yang tampak seperti kelemahan bagi orang lain ternyata sebenarnya bisa menjadi kelebihan kamu. Memahami bahwa setiap orang berbeda dan fokus pada bakat dan keunikan yang kamu miliki akan membuat kamu menjadi yakin dan percaya diri untuk mengubah kelemahan menjadi kelebihan.

Jadikan Bangun Pagi Sebagai Pola Hidup

Tahukah kamu? Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif, karena menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan mood dan energi untuk beraktivitas, selain itu suasana masih hening sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Bangun pagi juga cenderung membuat orang lebih sukses. Penelitian yang dilakukan oleh Texas University pada 2008 menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang jarang bangun pagi. Tunggu apa lagi? Yuk, bangun pagi!

Jangan menunda
Perubahan adalah apa yang kamu lakukan setiap hari. Lakukan perubahan dengan konsisten tanpa menundanya. Fokus pada tujuan yang ingin kamu capai akan membantu kamu untuk lebih semangat dalam menjalani perubahan-perubahan setiap hari. Semakin cepat kamu memulainya, maka akan semakin cepat kamu mendapat hasilnya. Semakin lambat kamu memulainya, maka akan semakin lama kamu mencapainya.