Apa yang akan dilakukan untuk menghadapi masa pensiun nanti? Pertanyaan tersebut pasti seringkali muncul di benakmu, apalagi jika kamu merupakan seorang karyawan perusahaan. Bahkan, banyak orang yang beranggapa jika masa pensiun merupakan sebuah momok yang menakutkan, karena nggak lagi sumber penghasilan dan kegiatan yang bisa dilakukan. Namun, apakah benar begitu? Tentu saja nggak! Kamu bisa kok tetap produktif di masa senjamu dengan melakukan ide bisnis-bisnis menguntungkan untuk mengisi masa pensiunan di bawah ini! Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

  1. Membuka toko

 

 

Salah satu usaha yang bisa kamu kerjakan di masa pensiun adalah membuka sebuah toko, baik itu toko berskala kecil maupun yang besar. Untuk toko berskala kecil, kamu bisa membuka toko kelontong atau konter pulsa di rumahmu sendiri. Sementara untuk toko berskala besar, kamu bisa membuka toko elektronik yang menjual TV, AC, mesin cuci dan masih banyak lagi. Saat memasuki masa pensiun, kamu nggak harus lagi pergi ke kantor setiap hari. Jadi kamu bebas untuk terjun langsung mengawasi bisnis milikmu. Untuk modal usaha, kamu bisa menggunakan uang pensiun yang biasanya diberikan oleh perusahaan sebagai kompensasi.

 

  1. Bisnis kos-kosan atau kontrakan

 

 

Kalau kamu memiliki modal yang cukup banyak, mungkin kamu bisa memilih peluang bisni yang satu ini. Yup, membuka kos-kosan atau kontrakan! Kamu bisa menjalankan peluang bisnis ini dengan maksimal di saat kamu sudah pensiun nanti. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, jika lokasi kos-kosan atau kontrakan milikmu berlokasi di dekat tempat-tempat keramaian, seperti pusat kota, kampus ataupun daerah-daerah perkantoran.

 

  1. Bisnis kuliner

 

 

Jika selama bekerja dulu kamu nggak sempat menyalurkan hobimu memasak, mungkin kamu melakukannya di masa pensiunmu nanti. Membuka catering atau rumah makan menjadi peluang usaha yang banyak dipilih oleh para pensiunan sebagai sarana untuk mengisi waktu luang dan tetap mendapatkan penghasilan di hari senja mereka. Nggak perlu khawatir kalau kamu merasa sudah nggak memiliki tenaga lagi untuk memasak. Kamu bisa meminta bantuan kepada sanak keluarga maupun tetangga—tentunya, dengan upah yang sesuai ya!

 

  1. Bisnis tanaman hias

 

 

Tanaman hias bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk dijalani para pensiunan. Memang, bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar, tetapi peminatnya yang masih banyak terutama di daerah perkotaan membuat bisnis tanaman hias ini tetap digemari. Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis tanaman hias ini akan lebih mudah dilakukan kalau kamu memiliki ketertarikan dan hobi di bidang tersebut.

 

  1. Bisnis bersama Kioson

 

 

 

Kalau kamu mencari peluang usaha untuk masa pensiun yang nggak membutuhkan banyak tenaga, waktu, serta modal untuk menjalankanya, mungkin bisnis bersama Kioson bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Di Kioson, kamu bisa menjadi reseller maupun dropshipper dengan menjual beragm produk e-commerce sekaligus membuka jasa pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan Tv berlangganan, tagihan PLN dan PDAM, pembelian pulsa, paket data dan voucher listrik dan sebagainya. Dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan, kamu bisa mendapatkan komisi besar lho! Menguntungkan banget ‘kan? Makanya, segera bergabung dengan Kioson. Download aplikasinya di sini, daftar jadi Mitra Kioson, top up saldo dan langsung bisa mulai jualan! Apapun jualannya di Kioson aja!