Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, banyak orang-orang Indonesia yang sangat memegang teguh ajaran islam dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari, termasuk dalam berbisnis. Menjamurnya bisnis-bisnis berbasis syariah menjadi salah satu buktinya. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan internet di zaman sekarang ini, bisnis syariah nggak lagi harus dijalankan secara offline tapi bisa juga lho kamu bawa ke dunia maya dan menjadikannya sebagai bisnis online syariah.

 

menilik_lebih_dalam_soalbisnis_-online_-syariah_02

 

Apa sih bisnis online syariah itu? Bisnis online syariah sebenarnya sama dengan bisnis-bisnis online lainnya, hanya saja dalam pelaksanaannya dikerjakan dengan menggunakan cara-cara yang halal dan sesuai dengan kaidah islam. Singkatnya bisnis online syariah adalah bisnis yang menggunakan akad ikatan kerja yang halal dan sistem keuntungan yang digunakan bukanlah riba. Syariah sendiri adalah kebenaran pembagian hasil, jadi dalam berbisnis penghasilan harus dibagi secara adil saat memperoleh keuntungan maupun kerugian, semua dikerjakan dengan proses dan hasil yang halal.

Dalam memilih bisnis online syariah, sebaiknya pilih bisnis online yang memberikan keuntungan halal dan jelas darimana asalnya. Sebaiknya kamu teliti terlebih dahulu sistem keuntungan dari bisnis online syariah yang mau kamu ikuti, jika menurut kamu agak mencurigakan atau sekiranya kurang sesuai dengan kaidah berdagang dalam islam sebaiknya cari bisnis online syariah yang lain.

 

menilik_lebih_dalam_soalbisnis_-online_-syariah_01

 

Utamanya, pelaksanaan transaksi dalam bisnis online syariah harus sejalan dengan prinsip kehati-hatian dan tidak melakukan spekulasi serta manipulasi yang mengandung unsur riba, dharar, gahar, riswan, maisyir, maksiat, dan dzolim seperti:

 

  • Najsy atau penawaran palsu.
  • Ba’i al-madum yaitu penjualan atas produk yang belum dimiliki
  • Insider trading dimana kamu menggunakan informasi orang dalam untuk memperoleh keuntungan.
  • Menyebarkan informasi yang menyesatkan.
  • Margin Trading, yakni transaksi atas produk dengan fasilitas pinjaman berbunga atas kewajiban penyelesaian pembelian produk tersebut.
  • Ihtikar (penimbunan) yaitu pengumpulan suatu produk untuk menyebabkan perubahan harga produk dengan tujuan mempengaruhi pihak lain.

 

Meskipun bisnis ini masih dalam tahap perkembangan dan penyesuaian, kamu tetap bisa kok memulai bisnis online syariah-mu sendiri. Yang penting adalah kerja keras dan terus menjalankannya sesuai dengan kaidah dan syariat Islam. Yuk, halalkan bisnis online-mu!