Tren sepatu sneakers yang sedang populer dan banyak dipakai oleh para generasi muda maupun tua. Beragam sepatu kets dengan harga fantastis banyak beredaran di pasaran, tentunya sepatu-sepatu tersebut membutuhkan perawatan khusus yang nggak sembarangan. Dengan munculnya tren tersebut, ternyata bisa membuka sebuah peluang usaha baru, yaitu laundry sepatu. Penasaran dengan peluang bisnis unik yang satu ini? Kioson akan mengupasnya usaha laundry sepatu dengan tuntas di sini!

 

Target Pasar

 

 

Membersihkan sepatu tentunya nggak sama dengan mencuci baju. Dibutuhkan peralatan hingga deterjen khusus, apalagi untuk sepatu-sepatu yang terbuat dari material spesial, seperti kulit asli, suede atau kanvas. Nggak jarang, pemilik sepatu yang mencuci sepatunya di tempat laundry pakaian malah kecewa karena teknik penanganannya yang malah membuat rusak sepatu mereka.

Hal inilah yang disadari para pemilik bisnis laundry sepatu. Beragam faktor ternyata membuka peluang usaha ini, seperti perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin dinamis dan hanya memiliki sedikit waktu luang untuk merawat sepatu mereka. Nggak hanya itu, jasa laundry sepatu juga harus menggunakan alat-alat dan bahan pembersih yang pastinya sesuai dengan masig-masing bahan sepatu yang akan dibersihkan. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh karena sneakers keren milikmu nggak akan rusak jika dicuci ditempat laundry sepatu.

 

Memulai Bisnis Laundry Sepatu

 

 

Untuk memulai bisnis ini, tentunya kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang sepatu itu sendiri dan material yang menjadi bahan baku utamanya. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menentukan ‘penanganan’ apa yang tepat dan cocok untuk masing-masing sepatu pelanggan. Setiap bahan sepatu memiliki cara pencucian dan perawatannya sendiri yang harus diperhatikan dengan seksama.

Setelah kamu mengetahui tentang seluk beluk seputar sepatu dan bahannya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan beragam peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Misalnya, deterjen atau cairan pembersih khusus untuk beberapa material sepatu untuk bahan suede dan kulit asli. Mungkin kamu juga memerlukan sikat maupun semir yang nggak bisa didapatkan di toko-toko pada umumnya. Begitu pula dengan mesin pengering, nggak semua sepatu cocok dikeringkan di bawah sinar matahari langsung maupun dengan cara pengeringan buatan.

Psstt.. tahu nggak sih? Beberapa jasa laundry sepatu yang sudah besar bahkan mengimpor atau memproduksi sendiri peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses pencucian. Hal ini memang harus diperhatikan agar pelanggan bisa merasa puas terhadap hasil sepatu dan mungkin saja mereka bisa menjadi pelanggan tetap jasa laundry sepatu milikmu.

 

Risiko Bisnis Laundry Sepatu

 

 

Setiap bisnis tentunya memiliki risikonya masing-masing, nggak terkecuali bisnis laundry sepatu. Jenis bahan sepatu yang beragam membuat masa pengerjaan laundry sepatu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada laundry pakaian biasa. Beberapa jenis sepatu bahkan membutuhkan waktu berhari-hari untuk dibersihkan. Risiko pelanggan yang nggak sabar pun akan hadir terkait hal tersebut. Oleh karena itu, kamu juga harus pintar berinovasi agar tetap menjaga konsumen untuk terus menggunakan jasa laundry milikmu. Misalnya, kamu bisa menyediakan jasa servis sepatu, layanan khusus 24 jam bagi pelanggan yang membutuhkan sepatunya untuk dibersihkan dengan cepat atau kamu juga bisa menawarkan jasa pembersihan sepatu langsung ke tempat pelanggan. Inovasi memang sangat dibutukan dalam berbisnis di bidang apapun. So guys, you must have passion to be creative!

 

Simulasi Keuntungan Usaha Laundry Sepatu

 

Sebagai langkah awal, kamu bisa memulai bisnis laundry sepatu dari rumahmu sendiri. Jadi, modal yang dibutuhkan pun lebih sedikit namun harus dikerjakan secara maksimal agar bisa selalu memuaskan setiap pelangganmu.

 

Modal awal

Peralatan (aneka macam sikat, handuk, dll)                  Rp 1.000.000,00

Cleaner, shampoo dan bahan perawatan sepatu          Rp 2.000.000,00

Branding tools (spanduk, banner, brosur, dll)             Rp 1.500.000,00+

Total                                                                                        Rp  4.500.000,00

 

Pemasukan

Dalam sehari bisa mencuci 15 pasang sepatu dengan tarif Rp 35.000,00/ pasang

Omzet Jasa pencucian :

Rp 35.000,00 x 15 pasang x 25 hari = Rp 13.125.000,00

 

Pengeluaran

Biaya gaji 1 pegawai                                        Rp 1.000.000,00

Biaya listrik, air telepon                                 Rp 1.000.000,00

Biaya promosi                                                   Rp    500.000,00

Sabun, pewangi, pelembut                            Rp 5.000.000,00+

Total                                                                   Rp 7.500.000,00

 

Laba Bersih 

Laba bersih per bulan  = Rp 13.125.000,00 – Rp 7.500.000,00 = Rp 5.625.000,00

 

Menguntungkan bukan? Suka sepatu dan ingin terjun ke dunia bisnis? Ayo, segera kejar peluang usahamu melalui jasa laundry sepatu!

 

 

Buat kamu yang masih bingung dalam memilih bisnis, kamu bisa lho bergabung dengan Kioson! Melalui aplikasi Kioson, kamu bisa mengambil kesempatan emas menjadi wirausahawan dengan mudah dan cepat. Kioson menyediakan aplikasi digital yang memudahkan siapapun yang ingin menjadi seorang wirausahawan. Bagi pemilik kios, toko kelontong maupun warung, mereka pun bisa meningkatkan omzet penjualan dari beragam layanan yang dimiliki oleh Kioson seperti, pembelian pulsa, paket data, voucher listrik, tempat pembayaran iuran BPJS Kesehatan, tagihan PLN dan PDAM, menjual beragam produk e-commerce dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa mendapatkan komisi besar di setiap transaksinya. Wooow! Segera download aplikasinya di sini, daftar, top up saldo dan mulai jualan!