Bisnis reseller jadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati karena menawarakan beragam kemudahan dalam berdagang. Namun kamu juga tahu langkah-langkah dan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini? Nah, kali ini Kioson memberikan bocorannya seputar bisnis menjadi reseller pakaian fashion. Intip yuk!

 

Tahapan Memulai Bisnis Reseller

 

Warehouse worker and manager help each other move a cardboard box.

 

Tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis reseller-mu adalah menentukan produk apa yang mau dijual. Jika kamu adalah seorang pemula, sebaiknya kamu nggak usah menjual terlalu banyak produk. Pilih produk yang spesifik, misalnya jika kamu mau menjual baju kamu mungkin bisa menentukan bahwa kamu hanya menjual baju-baju muslim wanita, dan sebagainya. Di tahap ini kamu juga harus menentukan calon konsumen kamu, siapa yang kira-kira akan membeli produk yang kamu jual itu.

 

Tahap kedua, kamu harus melakukan analisis kompetitor atau pesaing. Kira-kira ada berapa banyak bisnis yang menjual produk serupa dengan kamu milikmu. Kemudian kamu harus menganalisis apa kekuatan dari maisng-masing bisnis tersebut dan bagaimana kamu akan mengatasinya. Kamu juga harus menganalisis kelemahan mereka, agar bisa kamu perbaiki di bisnis kamu ini.

 

Tahap Ketiga adalah menentukan supplier. Sebagai seorang reseller, pastinya kamu butuh supplier dong? Nah, di sinilah kamu mulai memilih supplier mana yang cocok dengan bisnis yang kamu inginkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih supplier:

  1. Supplier yang dipilih harus fast response, karena kamu membutuhkan update yang cepat akan ketersediaan stok barang, pengiriman, komplain dan lain-lain. Nggak mau ‘kan kehilangan calon pembeli hanya karena kamu lama menunggu balasan dari supplier?
  2. Harga yang ditawarkan harus murah. Ini penting banget! Kamu pastinya menginginkan harga produk yang bersaing ‘kan di pasaran? Nah, makanya kamu harus mencari supplier yang menawarkan harga termurah atau bahkan kalau bisa yang menawarkan harga khusus reseller.
  3. Lokasi nggak terlalu jauh. Ini berguna agar kamu nggak repot memikirkan estimasi kedatangan barang, keamanan pengiriman, resiko keterlambatan pengiriman dan masih banyak lagi.
  4. Produk yang ditawarkan berkualitas. Selain harga, kualitas produk juga jadi penting karena ini menyangkut nama baik bisnis kamu. Jangan karena tergiur harga murah dari supplier tapi kamu mengesampingkan kualitas produknya ya!

 

Tahap Keempat, tentu saja memasarkan produk milikmu. Di tahap ini, kamu nggak cuma harus memikirkan menganai berapa produk yang terjual tapi gimana caranya agar produk itu bisa terjual. Masalah branding, penentuan harga, promosi dan hal-hal lainnya harus dipertimbangkan dengan matang. Media penjualan pun juga mempengaruhi keuntungan lho! Ketika kamu berjualan online di media sosial dengan berjualan offline di toko pasti beda untung maupun ruginya. Jadi, pertimbangkan baik-baik ya!

 

Modal Berbisnis Reseller

 

modal bisnis reseller

 

Nah sekarang kita bahas mengenai modal usaha! Berapa sih modal untuk memulai usaha reseller?

Secara umum, modal untuk usaha reseller berkisar antara satu juta untuk pemula sampai ratusan juta untuk mereka yang sudah ‘besar’. Untuk pemula, modal satu juta ini biasanya merupakan deposit yang diminta oleh supplier agar kamu bisa mendapat harga khusus reseller. Jadi ketika kamu membeli barang untuk stok produk milikmu, kamu nggak usah repot membayarnya beberapa kali kepada supplier. Jadi mereka hanya tinggal memotong deposit milikmu sesuai dengan nominal produk yang akan dibeli.

Untuk bisnis reseller online sendiri, modal operasional dibutuhkan pun terlalu besar dan rumit. Kamu cuma butuh laptop atau smartphone, akun media sosial pilihanmu (bisa Facebook atau Instagram) dan pulsa atau kuota internet untuk melakukan komunikasi dengan supplier maupun konsumen. Selebihnya, kamu bisa menggunakan modal kamu untuk membeli stok produk yang mau kamu jual.

Gimana, tertarik untuk jadi reseller?

 

kioson-etailer-komisi-peluang-usaha-pengusaha-toko-warung-kios-online-android-google-store-play

 

Tahu nggak sih? Kalau di Kioson, kamu juga bisa menjadi reseller dari beragam produk, seperti gadget, kebutuhan rumah tangga, alat kecantikan, fashion item dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menjadi agen dari beragam produk partner Kioson maupun loket pembayaran dari berbagai transaksi online, seperti pelunasan iuran BPJS Kesehatan, TV berlangganan, PDAM, PLN dan masih banyak lagi. Dari beragam transaksi online tersebut, kamu berhak mendapatkan komisi berlimpah dengan bergabung di Kioson. Menarik banget ‘kan? Buruan download apliksi Kioson di sini, daftar, top up saldo dan bisa langsung jualan!