Memulai usaha sendiri adalah awal dari kemerdekaan finansial, karena tidak bergantung dengan gaji dari pemilik perusahaan. Bagi sebagian orang, memiliki bisnis sendiri adalah impian. Ada banyak cara untuk mewujudkan mimpi untuk  berbisnis sendiri, di antaranya pinjaman modal usaha, waralaba, dan joint venture.

Saat memulai bisnis sendiri, hal yang terpenting adalah memiliki tujuan dan sasaran dalam jangka pendek dan jangka panjang. Meskipun memerlukan modal yang besar serta risiko bisnis, namun memulai bisnis sendiri memiliki banyak keuntungan dibandingkan menjadi pegawai.

Apa saja keuntungan memiliki usaha sendiri? Yuk, simak penjelasan berikut.

 

Kebebasan Berinovasi

Sumber: music.msu.edu

 Membangun usaha sendiri memberikan kamu kebebasan untuk menentukan sendiri arah dan jalan perusahaan. Kamu juga bebas berkreasi dan menerapkan ide-ide kreatif yang tidak bisa diterapkan saat menjadi pegawai. Kamu bebas mengatur jam kerja dan menentukan dan menjalankan strategi perusahaan. Intinya, bisnis sendiri adalah kreativitas kamu sendiri.

 

Membuka Lapangan Kerja

Sumber: freevideolectures.com

Membuka bisnis sendiri berarti menciptakan lapangan kerja bagi kamu sendiri. Selanjutnya, jika bisnis kamu berkembang, kamu akan menyerap banyak tenaga kerja. Hal ini adalah tindakan yang mulia karena dapat meningkatkan perekonomian rakyat dan juga bangsa.

 

Nilai Lebih Sebagai Pemilik Perusahaan

Sumber: wiki.wfglobal.org

Membuka usaha sendiri membutuhkan tanggung jawab dan keuletan dalam mengembangkan perusahaan. Oleh karena itu, secara otomatis kamu bertindak sebagai bos bagi perusahaan kamu sendiri. Tentu saja, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri yang tidak akan kamu dapatkan saat menjadi pegawai.

 

Belajar Mengatur Keuangan Sendiri

Sumber: www.pandagila.com

 Membuka usaha sendiri mengajarkan kamu untuk mengelola keuangan perusahaan dan menentukan langkah untuk mengantisipasi potensi kerugian. Semakin baik kemampuan mengatur keuangan perusahaan, maka semakin baik kontrol terhadap perusahaan.

 

Siap berwirausaha dan butuh modal usaha? Yuk, bergabung menjadi agen Kioson dan ciptakan peluang bisnis kamu sendiri dengan Kioson Andalan dari Danamas. Kioson Andalan dari Danamas memberikan pinjaman modal usaha bagi usaha kecil dan menengah. Yuk, segera download Kioson di Google Play, daftar dan top up!