Promosi pada dasarnya adalah upaya penjualan dari perusahaan bisnis dan termasuk fungsi dari menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi keputusan pembelian oleh calon konsumen dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan keuntungan. Promosi sendiri adalah upaya penjual untuk menjual produk secara efektif. Promosi juga mencakup komunikasi dengan pelanggan untuk memastikan mereka agar membeli produk. Promosi adalah tugas dari manajer pemasaran untuk memilih media komunikasi dan memadukannya ke dalam program promosi yang efektif. Ada lebih dari satu alat yang digunakan untuk mempromosikan penjualan. Kombinasi alat-alat yang bertujuan untuk mempertahankan dan menciptakan penjualan, dikenal sebagai Promotion Mix. Inilah unsur-unsur dari promotion mix!

  1. Periklanan (Advertising), merupakan salah satu bentuk dari komunikasi impersonal (impersonal communication) yang digunakan oleh perusahaan barang dan jasa. Advertising adalah presentasi non-personal dari barang, jasa, atau ide. Advertising dan pelanggan potensial mengkomunikasikan pesan melalui media umum, seperti radio, TV, surat kabar, atau majalah. Ini melibatkan pengiriman pesan standar secara bersamaan untuk sejumlah besar orang. Pesan inilah yang dikenal sebagai advertising. Salah satu jenis advertising yang paling sering digunakan adalah brosur. Promosi yang menggunakan brosur sangat dipengaruhi oleh desain dan isi dari brosur itu sendiri.
  2. Penjualan Perorangan (Personal Selling), adalah interaksi antar individu, saling bertemu untuk menciptakan, memperbaiki dan menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Personal selling adalah proses membantu dan membujuk konsumen lama dan calon konsumen untuk membeli barang atau jasa secara langsung. Ini melibatkan kontak langsung dan pribadi oleh penjual kepada pembeli.
  3. Promosi Penjualan (Sales Promotion), adalah semua kegiatan untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya. Sales promotion terdiri dari semua kegiatan yang membantu mempromosikan penjualan produk. Menurut American Marketing Association, sales promotion termasuk, “kegiatan-kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publicity yang merangsang pembelian konsumen dan efektivitas agen, seperti tujuan dari menampilkan produk, pertunjukan dan pameran, demonstrasi dan berbagai upaya penjualan yang tidak berulang dan bukan rutinitas biasa.”
  4. Hubungan Masyarakat (Public Relation), merupakan cara pemasaran, di mana perusahaan tidak harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar.
  5. Informasi dari mulut ke mulut (Word Of Mouth), di mana pelanggan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannya dalam menerima barang/jasa tersebut.
  6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing), adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan salah satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada satu lokasi.

Di atas tadi adalah beberapa elemen yang membentuk promotion mix. Tujuan utama dari promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan tetapi sangat berbeda dengan personal selling dan advertising. Dalam personal selling, pelanggan diyakinkan oleh seorang penjual dengan tatap muka. Advertising merupakan media komunikasi massa non-personal. Promosi penjualan menjadi metode yang tidak bisa dibuat berulang dan dijadikan rutinitas semata. Tujuan utamanya adalah untuk melengkapi dan mengkoordinasikan personal selling dan advertising. Ini adalah elemen yang mendukung dan memfasilitasi strategi promosi. Promosi penjualan menjembatani kesenjangan advertising dan personal selling.