Sudah memiliki rencana melanjutkan studi S1? Atau saat ini tengah duduk di bangku kuliah dan berniat mengambil beasiswa S1. Nah, sampil mengasah kemampuan diri, kamu mungkin perlu tahu beasiswa S1 yang sudah menunggu dan siap menerima aplikasi kamu. Siapa tahu satu di antara beasiswa tersebut berhasil diraih. Dan bukan saja menjadi kebanggaan bagi diri sendiri tentunya, tapi juga membantu meringankan atau bahkan membebaskan Anda dari ‘belenggu’ biaya kuliah.

 

Beasiswa S1 Bidikmisi

Program beasiswa Bidik misi merupakan salah satu beasiswa S1 bagi calon mahasiswa yang rutin ditawarkan pemerintah. Beasiswa ini menyasar lulusan SMA dari keluarga kurang mampu yang berminat melanjutkan studi S1. Setiap tahun penerima beasiswa Bidikmisi cukup besar. Sekitar 60 ribu mahasiswa dan kemungkinan bertambah. Jika kamu memenuhi kriteria dan berniat meraih beasiswa S1 ini di 2017 – 2018, ada baiknya kamu sudah mempertimbangkannya dari sekarang. Beasiswa Bidikmis umumnya mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Bidikmisi biasanya ditawarkan ketika akan masuk tahun akademik perkuliahan baru.

Beasiswa S1 BCA Finance

Beasiswa BCA Finance salah satu program beasiswa S1 yang disediakan BCA Finance Peduli untuk mahasiswa di Indonesia. Kelebihannya, beasiswa terbuka untuk seluruh mahasiswa PTN/PTS di Indonesia. Jika kamu sudah menginjak semester 2 ke atas, beasiswa ini patut dicoba. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah. Pendaftaran biasanya dibuka awal September dan cukup rutin. Peluang beasiswa BCA Finance ini juga dapat menjadi incaran beasiswa S1 kamu berikutnya.

Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Peluang beasiswa S1 berikutnya berasal dari Tanoto Foundation. Program beasiswa ini cukup rutin ditawarkan. Pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pengumuman biasanya awal November.

Beasiswa S1 Djarum

Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu skema Beasiswa Djarum yang rutin ditawarkan sejauh ini. Sasarannya adalah mahasiswa S1 di Indonesia. Yang membedakkan, beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah S1 pada semester 4. Djarum Beasiswa Plus menggandeng sejumlah universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, harus dilihat apakah perguruan tinggi pelamar termasuk di dalamnya. Biasanya beasiswa ini dibuka awal April (relatif). Beasiswa Djarum menyediakan bantuan sebesar Rp 750 ribu per bulan selama 1 tahun bagi kandidat terpilih. Selain dana beasiswa, penerima Djarum Beasiswa Plus juga mendapatkan pembekalan.

Beasiswa PPA – BPP PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) disediakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa PPA dan BPP PPA ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Penerima beasiswa PPA – BPP PPA akan mendapatkan Rp 350 ribu per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Pendaftaran biasanya dibuka di masing-masing kampus.