Sumber foto: Variety
By: Rain

Siapa yang tak kenal dengan Walt Disney. Sosok yang sangat sukses dan menginspirasi banyak orang sejagad raya karena bisnis animasi yang digemarinya. Walt Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois. Ia dilahirkan dari buah cinta pasangan Elias dan Flora Disney. Pada masa kecilnya Disney harus menghadapi sikap ayahnya yang pemarah. Bahkan kakak – kakaknya melarikan diri dari rumah karena tidak tahan dengan perilaku ayahnya. Disela – sela rasa kesepian karena ditinggal saudaranya, ia menciptakan teman – teman khayalannya dengan pena dan kertas. Pada usia 8 tahun, ayahnya mulai mendidiknya mencari uang dengan menjajakan koran, permen dan minuman di stasiun kereta api. Karena kesibukan dan jumlah uang saku yang sedikit, membuat Walt Disney tidak dapat masuk ke taman hiburan yang berada di dekat rumahnya .
Kisah Sukses Walt Disney 1Sumber foto: Yesterland

Pada tahun 1920, Disney berhasil memasarkan animasi kartun pertamanya dan mendirikan perusahaan “Laugh-O-Gram FIlms. Akan tetapi karena pengalaman yang kurang, perusahaan ini tutup setahun setelah didirikan. Tidak ada rasa takut, pada tahun 1923 dengan bekal uang 40 dollar dan alat gambar dan animasi yang dimilikinya, Walt Disney meninggalkan kota Kansas menuju Hollywood. Dibantu juga dengan uang 250 dollar yang berasal dari saudaranya dan pinjaman uang 500 dollar, ia mendirikan stand kamera di garasi pamannya. Hal ini membuahkan hasil dengan diterimanya pesanan dari New York untuk penampilan pertama berjudul “Alice Comedy” atau yang sekarang disebut dengan “Alice in Wonderland”.

Tak cukup, ia juga sempat mengalami kegagalan setelah mengalami kesuksesan pertama. Pada tahun 1928, ia diperalat oleh distributor animasinya di New York yang mengakibatkan kemunduran parah dalam usahanya karena dengan polosnya ia menyerahkan hak paten atas karyanya. Dari hal buruk ini, Walt Disney mengambil pelajaran berhaga tentang hak paten karya – karyanya dan bersumpah untuk tidak bekerja dengan orang lain lagi.
Kisah Sukses Walt Disney 2Sumber foto: Priceonomis

Setelah hal ini, ia mencoba menciptakan tokoh baru yaitu Mickey Mouse. Mickey Mouse terinspirasi dari tikus – tikus yang selalu berkumpul di keranjang sampahnya ketika ia bekerja hingga larut malam. Sang Mickey Mouse lah yang juga turut membesarkan namanya. Untuk proses produksi film pertama Mickey Mouse yang berjudul “Steamboat Willie”, Walt DIsney harus menjual mobil sport yang ia sayangi. Tapi hal ini juga membuahkan hasil berlimpah dengan memenangkan Academy Award pertamanya lewat film “Flower and Trees”.

Ia juga sempat diragukaan saat ingin memproduksi film “Snow White and the Seven Dwarfs” film animasi musical pertama yang ditayangkan di Carthay Circle Theatre di Los Angeles yang memakan biaya produksi sebanyak 1.499.000 dollar. Jika dirupiahkan sebanyak lebih dari 19 milyar. Dibarengi dengan tekad yang kuat , uang, talenta, waktu dan tenaga terbukti film ini meraih piala oscar. Sejak itu Walt menciptakan karya – karya lainnya seperti Pinochio, Fantasia, Dumbo, Bambi dan lain – lain.
Kisah Sukses Walt Disney 3Sumber foto: The Odyssey Online

Pada tahun 1952, Walt Disney mulai berencana membangun sebuah taman hiburan yang sudah lama diimpikannya sejak kecil. Tentunya hal ini juga memakan uang yang tidak sedikit juga. Pada tahun 1966, Walt Disney mendapatkan penghargaan Grand Marshal pada turnamen bunga Pasadena. Sayangnya, di saat itu kesehatan Walt Disney memburuk dan pada tanggal 15 Desember, pukul 09.30, 10 hari setelah ulang tahun yang ke 65, Walt Disney meninggal dunia. Walaupun ia sudah meninggal, karya – karyanya tetap terus berlanjut dan bahkan Disneyland sudah tersebar ke berbagai belahan dunia.

Membaca kisah sukses Walt Disney pastinya menginspirasi kita untuk menjadi lebih sukses. Walaupun sempat mengalami banyak kegagalan, tidak dipercaya dan diragukan oleh orang lain, ia tetap bersemangat dan teguh pada pendiriannya. Sama seperti kita Sonners, kita harus bisa mencontoh Walt Disney dalam berbisnis. Jika kamu juga mau memulai bisnis suksesmu, gabung bersama Kioson adalah jawaban yang paling tepat. Langsung download aja di Playstore, daftar, isi saldo dan kamu langsung bisa mempunyai mall sendiri. Keren banget kan…!