Menjadi seorang pebisnis memang bukan pekerjaan yang main-main. Banyak yang harus dikerjakan dalam satu hari, sampai-sampai 24 jam saja rasanya nggak akan cukup untuk melakukan semuanya. Maka dari itu, seorang pengusaha harus menerapkan prinsip-prinsip kerja agar setiap waktu yang dimiliki bisa digunakan secara maksimal. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

  1. Mengabaikan notifikasi ponsel

 

 

Langkah awal yang paling mudah untuk mengatur waktu agar harimu menjadi lebih produktif adalah dengan mengabaikan notifikasi yang masuk ke ponselmu. Rata-rata orang mengecek ponsel mereka setiap 5-10 menit sekali. Bayangkan, dalam sehari akan berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk mengecek setiap notifikasi yang masuk. Kemudian, bagaimana jika message yang masuk adalah pesan yang urgent? Jika hal tersebut terjadi, tentunya kamu nggak boleh mengabaikannya. Namun kamu harus membatasi dirimu sendiri untuk hanya membalas pesan itu saja. Jangan terlalu lama saat membalas pesan-pesan lain yang nggak begitu penting. Menentukan prioritas merupakan salah satu prinsip penting yang ahris dimiliki oleh setiap pebisnis.

 

  1. Jangan langsung mengerjakan semua tugas secara bersamaan

 

 

Kebiasaan ini bisa membuat tugas yang kamu kerjakan menjadi nggak efektif dan bahkan nggak terselesaikan lho. Sebuah penelitian membuktikan bahwa hanya 2,5 % orang yang mampu untuk mengerjakan banyak tugas dalam waktu bersamaan dan mendapatkan hasil optimal untuk masing-masing tugas tersebut. Jadi akan lebih baik jika kamu hanya fokus pada satu tugas terlebih dahulu dengan sebaik mungkin hingga selesai, daripada mengerjakan banyak tugas sekaligus tapi hasilnya nggak maksimal.

 

  1. Atur tujuan beserta langkah untuk mencapainya

 

 

Agar waktu yang kamu miliki dapat digunakan secara efektif, kamu harus memiliki tujuan yang jelas dan mengatur langka-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai target yang ingin dicapai. Misalkan, hari ini kamu harus menyelesaikan tiga tugas, buatlah susunan rencana pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas dan kapan harus diselesaikan.

 

 

  1. Membereskan tempat kerja

 

 

Jangan salah, tempat kerja yang berantakan bisa membuat kamu sulit untuk bekerja secara efektif lho. Akan lebih baik kalau kamu mulai membersihkan area kerjamu dan menghilangkan benda-benda yang sekiranya nggak diperlukan.Kamu juga bisa mengatur meja kerjamu agar terlihat lebih rapi dan berkas-berkas penting bisa disimpan secara teratur dan terorganisir. Jangan sampai waktu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan malah terbuang karena kesulitan mencari berkas yang saat itu dibutuhkan.

 

  1. Jangan lupakan dirimu

 

 

Jangan sampai karena terlalu keras bekerja membangun bisnismu, kamu mengabaikan dirimu sendiri. Sesekali kamu juga harus  melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat dirimu sendiri senang agar nggak stres dan jenih terhadap pekerjaanmu. Cukup luangkan sedikit waktupada akhir pekan, misalkan untuk melakukan hobimu, berkumpul bersama keluarga atau teman. Dijamin setelah itu semangatmu akan terisi dan kamu pun siap untuk melanjutkan bisnismu kembali.

 

 

Kemudian, apa yang harus dilakukan jika kamu ingin berbisnis namun nggak memiliki banyak waktu? Jangan khawatir, ‘kan sekarang ada Kioson! Di Kioson, kamu bisa menjalankan bisnis kamu dimana pun dan kapan saja secara online. Cukup menggunakan gadget berbasis Android, kamu sudah bisa menjalankan usahamu sendiri. Yuk, buruan gabung bersama Kioson. Download aplikasinya di sini, daftar menjadi mitra Kioson, top up saldo dan langsung bisa jualan. Komisi besar menunggumu!