Smartphone sudah menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang di zaman sekarang ini. Oleh sebab itu, sebagian banyak orang cenderung menggunakan smartphone, mulai dari bangun hingga tidur lagi. Meskipun begitu, masih banyak yang nggak tahu dampak-dampak negatif apa saja yang bisa ditimbulkan dari pemakaian smartphone secara terus menerus. Apalagi buat kamu yang hobi main smartphone sebelum tidur, saat lampu-lampu sudah dimatikan dan yang tersisa hanya sedikit cahaya dari layar ponsel. Ternyata kebiasaan tersebut memiliki beragam efek buruk lho!

 

Bahaya Menggunakan Smartphone di Tempat Gelap

Teknologi layar sentuh yang dimiliki oleh smartphone kebanyakan membuat kamu bisa dengan leluasa menggunakan gadget yang satu ini, bahkan di tempat gelap sekalipun. Namun, kamu tahu nggak nggak sih ternyata kebiasaan tersebut bisa membawa dampak yang buruk buat kesehatan lho! Layar smartphone yang canggih ini akan menghasilkan gelombang sinar biru saat menyala. Radiasi yang dihasilkan gelombang sinar biru ini akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti insomnia, gelisah, sulit berkonsentrasi, bahkan pada kasus yang sudah parah bisa mengakibatkan kebutaan.

Sebuah studi lainnya juga menyebutkan bahwa cahaya dari layar ponsel yang masuk ke mata selama lebih dari 30 menit di tempat gelap akan menyebabkan kerusakan pada macula lutea (bagian dari retina). Jika macula lutea mengalami kerusakan, maka resiko pengguna terkena kanker mata menjadi lebih besar. Serem ya?

 

Tips Aman Menggunakan Smartphone di Tempat Gelap

Untuk menghindari beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh penggunaan smartphone di tempat gelap, kamu bisa coba hal-hal berikuti ini:

  1. Aktifkan fitur Bluelight Shield pada smartphone-mu. Beberapa smartphone menjadikan fitur ini sebagai fitur bawaan untuk melindungi mata para penggunanya.

fitur bluelight filter

  1. Jika smartphone-mu nggak memiliki fitur di atas, kamu bisa men-download aplikasi Blue Light Filter yang akan melapisi layar smartphone dengan warna lain untuk menyaring radiasi sinar biru yang dihasilkan.

aplikasi bluelight shield

  1. Mengurangi penggunaan smartphone sebelum tidur. Selain bisa menghindarkan kamu dari bahaya kesehatan yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini juga bisa membantu tidur kamu jadi lebih nyenyak lho!

Yuk , jaga kesehatan mata sejak dini agar nggak menyesal di waktu senja nantinya!