Dengan prospek yang cerah dan peluang besar yang tersedia di masa depan, banyak pelaku startup lokal berlomba-lomba dalam menarik investor untuk menanamkan modal di perusahaannya. Namun, menarik perhatian investor bukanlah perkara mudah. Persaingan yang ketat antar startup dan nilai rupiah yang fluktuatif seringkali menjadi penghambat pendanaan startup oleh investor.

Jika saat ini Anda sedang mencari pendanaan untuk bisnis Anda, Anda perlu memahami hal-hal apa saja yang menarik perhatian investor. Cari tahu 6 hal yang investor inginkan dalam peluang mereka berikutnya dan terapkan hal-hal tersebut dalam bisnis Anda.

 

Pasar yang Dipahami Investor

Investor tentunya mencari peluang pasar pada sektor yang sesuai dengan keahlian mereka karena akan mengurangi risiko kehilangan investasi. Dengan memilih bisnis yang mereka kenal, investor sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis yang menguntungkan mereka dan bagaimana startup Anda menghasilkan keuntungan dalam investasi mereka..

 

Tim Kepemimpinan yang Solid

Saat seorang pemimpin pernah sukses di masa lalu, hal ini menandakan potensi sukses di masa depan. Agar investor tertarik, tunjukkan bahwa Anda memiliki jajaran pemimpin yang cerdas, strategis dan sukses. Maksimalkan pengalaman profesional tim kepemimpinan untuk meningkatkan minat investor pada startup Anda.

 

Keragaman Investasi

Seringkali, investor menanamkan modal ke beberapa perusahaan untuk mendiversifikasikan investasi mereka. Bagaimana hal ini menguntungkan perusahaan Anda? Saat Anda menunjukkan investasi di bisnis Anda adalah peluang yang unik dengan potensi pertumbuhan yang tinggi, Anda akan membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lain. Hal ini akan membuat investor tertarik pada perusahaan Anda.

 

Minat Konsumen

Saat Anda berinvestasi di startup, Anda tentunya ingin tahu apakah produk yang Anda investasikan tersebut memiliki potensi di pasar. Tunjukkan pada investor bahwa produk Anda memiliki potensi yang menguntungkan dan pasar yang mapan.

 

Marketing Plan yang Jelas dan Detail

Apakah Anda baru memulai bisnis atau Anda perlu mendapatkan pendanaan investor untuk rencana bisnis Anda berikutnya, investor menginginkan marketing plan yang menunjukkan dua hal: Anda mengenal pasar Anda dan Anda tahu bagaimana menjangkau mereka. Ajukan marketing plan untuk investor dan tunjukkan kepada mereka cara-cara untuk meningkatkan visibilitas di pasar.

 

Visi dan Rencana Jangka Panjang

Investor ingin terlibat dalam bisnis startup yang menjadi “Next Big Thing” di masa depan. Tunjukkan kepada mereka potensi bisnis dari startup Anda di masa depan dan yakinkan kepada mereka bahwa Anda mampu meraih tujuan-tujuan bisnis Anda.