Sumber foto: arbamedia
By: Rain

Pastinya kebanyakan dari kita merasa kesal jika mendengar suara nyamuk yang terbang melintas di antara kita, belum lagi jika sudah tergigit yang menyisakan gatal tapi tidak dapat ditepuk. Hati ini rasanya … kesellll!!! Nah, sesuai dengan peringatan hari demam berdarah dengue Asean pada hari ini, kita bakalan ngebahas fakta – fakta tentang nyamuk.

Berikut fakta – fakta dari hasil riset dari para ahli serangga SC Johnson mengenai nyamuk:
Fakta Tentang Nyamuk 1Sumber foto: Wikipedia

1. Hanya Nyamuk Betina Yang Menggigit.
Sudah dari sananya nyamuk terbagi menjadi 2 jenis kelamin, betina dan jantan. Keduanya sama – sama memakan nektar dan getah tumbuhan. Akan tetapi hanya nyamuk betina-lah yang mengisap darah manusia ataupun hewan untuk kebutuhan reproduksi. Jadi, jangan terlalu percaya dengan iklan ya Sonners.
Fakta Tentang Nyamuk 2Sumber foto: Tejo Bawono Blog

2. Nyamuk Tertarik Dengan Warna Gelap
Fakta selanjutnya adalah perilaku nyamuk yang menyukai warna gelap. Oleh karena itu, penggunaan pakaian dengan warna terang merupakan langkah tepat untuk menghindari gigitan nyamuk.
Fakta Tentang Nyamuk 3Sumber foto: baubadan.org

3. Nyamuk Menyukai Orang Yang Bau
Faktanya, asam laktat yang ada di dalam keringat merupakan bau kesukaan nyamuk. Jadi jangan heran jika sedang ngumpul bersama temen – temen kamu tapi cuma kamu yang menjadi incaran nyamuk. Apalagi jika kamu habis berolahraga dan belum mandi. Juga, kemampuan nyamuk betina yang dapat mendeteksi arah angin zat kimia yang kamu keluarkan seperti asam laktat dan karbon dioksida bisa dideteksi nyamuk hingga sejauh 120 kaki. Oleh karena itu, jika melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat langsung cepat – cepat mandi, selain nyamuk menghindar siapa tau jodoh kamu datang karena kamu wangi…
Fakta Tentang Nyamuk 4Sumber foto: tuan komodo

4. Bulan Purnama Membuat Nyamuk Lebih Aktif
Penelitian dari American Mosquito Control Association menyatakan bahwa saat bulan purnama nyamuk menjadi 500 % lebih aktif. Jadi ga cuma ganteng – ganteng srigala aja yang aktif di saat bulan purnama, nyamuk juga ga mau kalah Sonners.
Fakta Tentang Nyamuk 5Sumber foto: Tokopedia

5. Nyamuk Hanya Membutuhkan Satu Sendok Makan Air Untuk Bisa Berkembang Biak
Nyamuk lebih suka bertelur di genangan air yang tenang dan hanya membutuhkan air dalam jumlah sedikit untuk berkembang biak. Bahkan, beberapa jenis nyamuk hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk berkembang biak. Oleh karena itu jangan biarkan adanya genangan air yang bisa menjadi sarang jentik – jentik nyamuk.
Fakta Tentang Nyamuk 6Sumber foto: Harian Tangerang

6. Nyamuk adalah Pembunuh Paling Menyeramkan
Menurut AMCA, nyamuk adalah makhluk hidup yang bertanggung jawab atas kematian satu juta orang per tahun. Wih, kecil – kecil cabe rawit nih.
Fakta Tentang Nyamuk 7Sumber foto: Berita Anak Indonesia

7. Nyamuk Aedes Aegypti
Nyamuk Aedes Aegypti lah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Ciri – ciri nya memiliki tubuh ang berbercak putih dan paling suka hinggap di baju – baju yang menggantung dan di bawah tempat tidur. Suka menggigit dari pukul 08.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00. Nyamuk Aedes Aegypti ini terbang dalam radius kurang lebih 50 – 100 meter.

Nah itu tadi fakta – fakta tentang nyamuk yang tentunya dengan mengetahuinya dapat membuat kita lebih melakukan tindakan preventif untuk mencegah penyakit demam berdarah. Untuk tindakan pencegahan lebih kamu bisa menggunakan Lampu Perangkap Nyamuk dan Raket Nyamuk Jumbo dengan diskon hingga 55% yang dapat langsung kamu beli di Mitra KIOSON. Atau, kamu bisa beli sendiri dengan mendownload aplikasi KIOSON yang bisa kamu temukn di PlayStore, daftar, isi saldo kemudian pesan barang yang kamu inginkan. Semudah itu.