Sinar UV atau sinar matahari yang mencapai bumi memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Salah satu manfaat sinar UV yang paling banyak diketahui adalah untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin D diperlukan oleh manusia untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan membantu tubuh lebih mudah dalam menyerap kalsium.

Namun, tahukah Anda, sinar UV yang terbagi menjadi UVA dan UVB, juga memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh jika terpapar secara berlebihan. Berikut beberapa dampak sinar UV bagi tubuh.

Sumber: www.freemagebank.com

 

Sinar UVA

Terpapar sinar UV yang satu ini dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang dan beberapa kondisi kesehatan seperti keriput, penuaan kulit, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Sinar UVB

Dampak positif dari sinar UVB adalah dapat membantu tubuh dalam mendapatkan vitamin D. Namun, jika terpapar secara berlebihan, sinar UVB dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti katarak, kulit terbakar matahari atau sunburn, dan kanker kulit. Intensitas sinar UVB meningkat di dataran tinggi, dekat dengan ekuator, dan saat siang hari.

 

Perlindungan Dari Dampak Sinar UV

 

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan kulit, sinar UV juga dapat berbahaya bagi kesehatan mata jika terpapar secara berlebihan. Namun, kamu tetap dapat melindungi diri dari dampak negatif sinar UV dengan cara-cara berikut:

 

Hindari Terpapar Sinar UV Pada Waktu Tertentu

Sebaiknya hindari keluar atau terpapar sinar matahari pada saat pukul 10.00-14.00 siang.

 

Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 15

Pilih tabir surya yang bertuliskan “broad-spectrum” pada bagian kemasan dan gunakan 15 menit sebelum kulit kamu terpapar sinar matahari, dan gunakan kembali tabir surya setelah sekitar 1 jam pemakaian.

 

Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV Langsung

 

Gunakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit Anda pada siang hari, seperti pakaian lengan panjang, celana panjang, dan topi dengan tepian lebar.

Sunglasses

Selain dapat membahayakan kulit, sinar UV yang berlebihan juga berbahaya bagi mata. Gunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV saat kamu keluar atau siang hari. Kamu juga akan lebih gaya, bukan?

 

Nah, sekarang kamu bisa loh mendapatkan sunglasses keren seharga mulai dari Rp 29.000,- hanya dengan mendownload aplikasi Kioson, daftar dan isi saldo. Yuk, tunggu apalagi? Jadilah bagian dari mitra-mitra sukses Kioson sekarang!