Modal usaha bagaikan fondasi awal dalam menentukan kesuksesan suatu usaha. Tanpa modal usaha, sepertinya mustahil untuk mengembangkan bisnis. Namun, terkadang tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk membangun usaha sendiri. Sebagai solusinya, banyak orang yang mencari modal usaha.

Tahukah kamu, saat ini, mencari modal usaha bisa melalui berbagai cara dan tidak hanya melalui jalur konvensional seperti bank, oleh karena itu memudahkan kamu jika ingin memulai atau mengembangkan bisnis. Apa saja itu? Simak tips berikut.

 

Aset Berharga Sebagai Modal Usaha

Sumber: photobucket.com

Apakah kamu memiliki aset-aset, seperti kendaraan bermotor, properti, emas atau investasi lain yang berharga? Jika ya, kamu bisa menjualnya untuk digunakan sebagai modal usaha. Jika usaha kamu sukses di kemudian hari, kamu bisa mengganti aset yang kamu jual sebagai modal usaha dengan aset yang jauh lebih berharga.

 

Terlibat Dalam Pelatihan

 

Sumber: bisnisukm.com

Memperoleh modal usaha juga bisa melalui lembaga-lembaga pemberdayaan ekonomi, seperti organisasi buruh PBB ILO atau Lembaga Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lembaga-lembaga ini sering melakukan training, pelatihan atau workshop yang menyediakan informasi tentang akses modal usaha.

 

Franchise (Waralaba)

Sumber: www.pojokbisnis.com

Franchise (Waralaba) adalah usaha kerjasama antara dua pihak, yaitu pemilik usaha dan pelaku usaha. Cara kerjanya adalah pemilik usaha menyediakan semua modal dan fasilitas yang dijalankan oleh pelaku usaha, sehingga pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Pembagian keuntungan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati. Agar keuntungan makin besar, sebaiknya pilih franchise yang sudah populer.

 

Joint Venture

Sumber: bisnisukm.com

Mencari modal usaha juga bisa dilakukan dengan mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Sistem ini menguntungkan karena modal dan pekerjaan dibagi sama rata, termasuk juga kerugian. Sebelum Joint Venture, pastikan kamu dan pihak lain melakukan perjanjian tertulis soal pembagian hasil untuk menghindari konflik di masa depan.

 

Selain 4 cara di atas, kini kamu juga bisa membangun usaha atau mengembangkan bisnis dengan Kioson Andalan dari Danamas, produk yang memberikan modal usaha dengan cepat dan mudah. Caranya, pastikan kamu sudah menjadi agen Kioson dengan download aplikasi Kioson di Google Play, daftar dan top up.