Di musim peralihan seperti sekarang ini, sering kali membuat kondisi badan menjadi menurun akibat cuaca yang sedang tidak menentu. Tidak sedikit pula orang-orang yang jatuh sakit karena kurang menjaga kesehatannya sendiri. Untuk mencegahnya, kita harus lebih menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan fit. Inilah cara-cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari sakit di musim pancaroba, berikut ini!

cara-mudah-hindari-sakit-saat-cuaca-pancaroba-tiba

 

Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Konsumsilah makanan bergizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh setiap harinya. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berserat tinggi. Kurangi menyantap junk food, makanan berminyak, makanan dengan kadar gula tinggi dan makanan yang kurang sehat lainnya. Dengan begitu, tubuh pun tidak akan mudah terserang penyakit dan tetap fit di musim pancaroba.

 

cara-mudah-hindari-sakit-saat-cuaca-pancaroba-tiba-minum-air

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Setiap hari, kita perlu meminum 8 gelas air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selain untuk melancarkan percernaan, air berfungsi mengantarkan nutrisi ke sel-sel sekaligus membuang racun-racun di dalam tubuh. Jadi, perbanyaklah minum air putih daripada soda, sirup ataupun minuman manis lainnya.

 

cara-mudah-hindari-sakit-saat-cuaca-pancaroba-tiba-istirahat-yang-cukup

 

Istirahat yang Cukup

Tidur merupakan momen terpenting untuk tubuh melakukan regenerasi sel-sel di dalamnya. Oleh sebab itu, kurang tidur bisa menimbulkan berbagai masalah terhadap kesehatan fisik maupun mental. Tidak heran jika seseorang yang kurang beristirahat, ia akan mudah terserang penyakit karena menurunnya sistem kekebalan dalam tubuh. Usahakan tidur sekitar 6 – 8 jam per hari dan cobalah perbaiki pola tidur setiap malamnya untuk menghindari insomnia.

 

Young Handsome Man Jogging On Road

 

Olahraga secara Rutin

Banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa olahraga apapun yang dilakukan secara rutin dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh terasa segar dan bugar, olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun-racun dan sebagainya. Cobalah untuk menyisihkan waktu setidaknya tiga kali seminggu untuk berolahraga. Kita dapat melakukan olahraga ringan di rumah maupun di sekitar tempat kerja, misalnya jogging, senam aerobik, bersepeda dan lainnya.

 

cara-mudah-hindari-sakit-saat-cuaca-pancaroba-tiba-pola-hidup-yang-buruk

 

Hindari Pola Hidup yang Buruk

Pola hidup yang buruk memang bisa memberikan efek-efek negatif bagi kesehatan tubuh. Termasuk merokok, minum minuman beralkohol, mengonsumsi junk food, begadang dan masih banyak lagi. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut harus dihilangkan untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan.

 

cara-mudah-hindari-sakit-saat-cuaca-pancaroba-tiba-siap-sedia

 

Siap Sedia Setiap Saat

Saat musim pancaroba, biasanya cuaca akan tidak menentu dan bisa mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, bawalah jaket, sweater atau outwear lainnya yang bisa melindungi tubuh dari udara dingin. Jangan lupa untuk menyediakan payung sebelum hujan. Bagi pengendara motor, siapkan selalu jas hujan yang bisa digunakan saat hujan. Tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan saat musim pancaroba tiba.