Cara Menghemat Air

Sumber foto: Universitas Malahayati
By: Rain

Fakta dari National Geographic menyatakan bahwa saat ini ada 630 juta penduduk dunia tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih. Belum lagi hanya 1 persen dari total jumlah air di Bumi yang layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu Sonners, mari kita gunakan air dengan sebaik – baiknya. Kini, kita mau kasih tahu cara menghemat penggunaan air bersih di manapun kita berada seperti di rumah, sekolah dan kantor.
Cara Menghemat Air 1
Sumber foto: KolomRumah

Mematikan Keran Air
Cara penghematan paling mudah yang dapat langsung kita lakukan adalah dengan mematikan keran air yang tidak digunakan. Hal ini dapat dilakukan ketika kita sedang menyikat gigi, membersihkan kamar mandi dan aktivitas mencukur. Ketika sedang asyik melakukan kegiatan tersebut matikanlah keran dengan segera, jika tidak akan berliter – liter air yang terbuang dengan sia – sia. Semakin banyak air yang terbuang semakin banyak juga pengeluaran kamu untuk membayar tagihan air. Pastinya kamu ga mau kan pengeluaranmu bertambah.
Cara Menghemat Air 2
Sumber foto: Pipaku

2. Periksa Saluran Air
Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa setiap saluran air. Periksa apakah ada kebocoran pada pipa air. Bisa saja pipa air nya mengalami kebocoran karena berbagai hal seperti terlindas mobil, pipa air yang sudah rapuh karena umurnya yang tua dan lain – lain. Segera cek sekarang juga sebelum semakkn banyak air yang mengalir sia sia.
Cara Menghemat Air 3
Sumber foto:klikdokter

3. Kurangi Waktu Mandi
Buat kamu – kamu yang suka berlama – lama di kamar mandi, sudah saatnya untuk kamu mengubah kebiasaan yang kurang baik ini. Selain kamar mandi yang menjadi sarang kuman, semakin lama kamu berdiri di bawah shower juga akan menghabiskan banyak air. Segera matikan keran ketika kamu sedang sabunan dan usahakan secepat mungkin keluar dari kamar mandi. Belum lagi penggunaan bak mandi untuk berendam akan semakin membuang banyak air. Jadi, kurangi waktu mandimu.
Cara Menghemat Air 4
Sumber foto: Solusi Masalah Air

4. Menggunakan Filter Air Minum
Membeli air minum dalam kemasan galon akan menghemat penggunaan air dan pengeluaran uang.  Dengan membeli galon air mineral, kita dapat membeli jumlah air yang banyak dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan air mineral kemasan kecil. Akan tetapi ada cara lebih hemat lagi untuk penggunaan air. Gunakan filter air minum yang dapat langsung memfilter air keran untuk menjadi air minum. Memang pada awalnya pengeluaran untuk membeli alat ini akan terasa besar, tapi jika dihitung – hitung akumulasinya maka akan terlihat perbedaannya.
Cara Menghemat Air 5
Sumber foto: Buahhatiku

5. Gunakan Air Sisa
Air sisa mencuci buah dan sayur dan cucian beras masih dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman. Tampung setiap air bebas cucian dengan ember dan setelah penuh dapat kamu gunakan langsung untuk pengairan taman kamu.
Cara Menghemat Air 6
Sumber foto: TeropongSenayan

6. Menampung Air Hujan

Sedikit lucu memang, akan tetapi kegiatan menampung air hujan akan sangat bermanfaat untuk banyak kegiatan, seperti menyiram tanaman, membersihkan ban mobil atau motor kamu dan membersihkan pekarangan rumah yang terbuat dari ubin. Selain air hujan yang kamu dapatkan secara cuma – cuma, kamu juga dapat menghemat penggunaan air rumah kamu.
Cara Menghemat Air 7
Oh ya, untuk pembayaran tagihan air kamu dapat dengan mudah membayarkannya pada mitra KIOSON terdekat atau kamu sendiri pun dapat melakukannya dengan mendownload KIOSON di Playstore, daftar, isi saldo dan lakukan pembayaran tagihan air. Daripada menghabiskan uang untuk membayar ongkos angkot ataupun gojek, mending mmebayar tagihan secara online di KIOSON. Mudah bukan?