Musim hujan memang menjadi periode yang sangat rawan karena munculnya beragam penyakit. Salah satu yang paling sering dan paling membahayakan adalah DBD atau Demam Berdarah Dengue. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus berbahaya. Virus ini menyerang daya tahan tubuh dan peredaran darah manusia. Jika sudah parah, penyakit ini dapat menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah, dan menurunnya kadar trombosit.

 

1_demam

 

Namun, kamu nggak usah khawatir. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah. Berikut inim Kioson akan memberikan informasinya untuk kamu!

  1. Melakukan 3M, yaitu menguras, mengubur, dan menutup. Kuras tempat-tempat penampungan air secara rutin dan tutup dengan rapat agar nggak ada kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang biak di tempat-tempat tersebut. Jangan lupa untuk mengubur kaleng-kaleng bekas atau sampah lainnya yang berpotensi untuk menjadi tempat air menggenang.
  2. Mengunakan jenis ventilasi atau jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.
  3. Menggunakan lotion anti nyamuk di seluruh tubuh untuk mencegah gigitan nyamuk DBD.
  4. Bergotong royong dengan masyarakat setempat untuk mengadakan fogging atau penyemprotan nyamuk secara massal agar membunuh nyamuk-nyamuk yang sudah terlanjur bersarang di lingkungan sekitar.
  5. Jika rumahmu menggunakan pendingin udara (AC), janga lupa untuk rutin menguras dan membersihkan bak penampungan airnya. Jika nggak, bisa saja bak yang berisi air tersebut menjadi sarang berkembang biak nyamuk DBD.
  6. Menaburkan bubuk abate di bak mandi atau penampungan air lainnya sebagai upaya untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.
  7. Meletakkan tanaman anti nyamuk, seperti tanaman tulasi yang memiliki khasiat sebagai penangkal nyamuk yang bisa diletakkan di sekitar di jendela untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

 

1_3m

 

Itu dia tips-tips mudah untuk mencegah penyakit demam berdarah. Memang, mencegah itu lebih baik daripada mengobati tapi bagaimana kalau kamu atau orang terdekatmu sudah terkena penyakit ini? Nggak usah panik, kamu bisa langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Jangan lupa untuk menggunakan kartu BPJS Kesehatan milikmu agar kamu nggak perlu pusing memikirkan biaya perawatan selama di rumah sakit.

 

kioson-etailer-bpjs-kesehatan-loket-pembayaran-iuran-google-store-aplikasi-download-andorid-play

 

Bingung mau bayar BPJS Kesehatan dimana? Di Kioson aja! Kioson menyediakan layanan pembayaran kartu BPJS secara online—nggak perlu lagi lama-lama antri di loket! Mudah bukan? Selain itu, kamu juga bisa mulai usaha dengan bergabung bersama Kioson dan mendapatkan komisi berlimpah di setiap transaksinya. Caranya gampang banget! Download aplikasinya di sini, daftar, top up saldo dan langsung bisa jualan!