Apakah kamu termasuk tipe orang yang nggak bisa hidup tanpa internet? Kalau jawabannya iya, pasti kamu sering merasa kesal jika saat asyik browsing atau berinteraksi di medsos tiba-tiba kuota internetmu habis. Nah, Kioson akan kasih tips dan trik cara cermat menghemat kuota internet. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

  1. Ubah fitur Maps ke mode online

Aplikasi Maps yang tertanam di smartphone kamu memang merupakan salah satu oenyebab utama terkurasnya kuota internet di gadget milikmu. Aplikasi ini akan semakin menguras kuotamu kalau kamu menggunakan fitur navigasi untuk melihat kondisi jalanan secara real-time dam sekaligus menggunakan GPS. Untuk mengatasi pemborosan kuota dari aplikasi ini, kamu bisa lakukan mengubah pengaturan Maps dari mode online ke mode offline. Untuk pengguna Android, kamu cuma perlu menekan opsi Search Bar yang ada di atas aplikasi Maps. Setelah itu, kamu juga bisa menggesernya ke bawah hingga menemukan opsi ‘save map to use offline’. Setelah itu, kamu tinggal memilih opsi save deh untuk berpindah ke mode offline.

 

  1. Menggunakan browser yang lebih efisien

Penggunaan aplikasi browser yang salah ternyata bisa menghabiskan kuota kamu lho. Biasanya, browser bawaan smartphone menguras kuota lebih banyak. Maka dari itu, kamu bisa mengunduh browser keluaran pihak ketiga seperti Opera Mini atau Google Chrome. Browserbrowser ini memang sudah terbukti dapat menghemat penggunaan kuota internet kamu. Dengan fitur seperti data saver (Google Chrome) dan video boost (Opera Mini), kamu bisa lebih hemat menggunakan kuota internet di gadget milikmu.

 

  1. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Tips lain yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota adalah dengan membatasi penggunaan data internet pada smartphone atau gadget lainnya dan mengaktifkan peringatan jika penggunaan kuotamu sudah melewati batas wajar. Dengan begini, kamu bisa mengontrol dan memperkirakan pemakaian kuota internetmu dalam periode tertentu.

 

  1. Update aplikasi hanya dengan menggunakan koneksi WiFi

Seberapa sering kamu melakukan update untuk alikasi-aplikasi yang ter-install di dalam smartphone milikmu? Hati-hati ya, hal ini ternyata bisa menjadi penyebab terkurasnya kuota internetmu lho. Update aplikasi secara otomatis, apalagi menggunakan mobile data ternyata bisa menyedot kuota internet dalam jumlah yang banyak. Cara menyiasatinya adalah dengan mengubah pengaturan aplikasi yang hanya memungkinkanya untuk melakukan update dengan koneksi WiFi. Jadi, kuota internetmu akan menjadi lebih hemat dengan menggunakan WiFi.

 

  1. Membatasi penggunaan data di setiap aplikasi

 

Beberapa aplikasi pada smartphone atau gadget lainnya ternyata memiliki fitur sinkronisasi otomatis yang bisa memakan kuota internetmu, bahkan saat kamu nggak menyadarinya. Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan membuka opsi pengaturan di setiap aplikasi dan mematikan pilihan sinkronisasi secara otomatis.

Nah, itu tadi cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat pengunaan kuota internet. Dengan melakukan penghematan kuota,  berarti kamu juga menghemat uang lho. Jadi kamu nggak harus sering-sering beli pulsa lagi.

 

Kalau kuotamu habis, kamu bisa lho membeli paket internet ataupun pulsa di Kioson. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu mengunjungi outlet-outlet Kioson terdekat dan langsung beli paket internetnya. Dijamin transaksi kamu diprosed dengan cepat dan aman plus lokasi outlet-nya juga sangat mudah dijangkau. Mudah bukan?