Tertarik untuk berbisnis tapi nggak tahu harus mulai dengan usaha apa? Jika punya modal yang lumayan, kamu bisa lho membuka usaha franchise!

Apa sih usaha franchise itu?

blog-franchise-03

 

Usaha franchise atau waralaba adalah sebuah bisnis kemitraan dimana franchisee atau terwaralaba (yang ingin menjalankan usaha waralaba/franchise) membeli hak produksi atau penjualan bisnis tertentu berdasarkan kerjasama atau kesepakatan dengan franchisor atau pewaralaba. Terwaralaba nantinya akan bisa menjalankan bisnis sendiri dengan merek, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Usaha franchise ini gampang banget lho untuk dijalankan. Kamu cuma perlu memilih franchisor yang produknya ingin kamu jual dan memilih paket bisnis yang paling sesuai dengan modal yang dimiliki. Setelah itu, kamu tinggal menjalankan usahamu dan membayarkan royalty fee secara rutin kepada pewaralaba. Royalty fee ini adalah biaya yang wajib dibayar terwaralaba untuk menjadi bagian dari jaringan bisnis milik pewaralaba. Biasanya besarnya royalty fee adalah 5-10% dari penjualan kotor (atau bersih) dan dibayarkan secara berkala setiap bulan atau setiap tahun.

Terus, berapa sih modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha franchise?

Tergantung merk dagang yang ingin kamu beli. Semakin terkenal mereknya, semakin mahal pula biaya untuk membelinya plus royalt fee yang harus kamu bayarkan. Tapi jangan khawatir, banyak kok franchisor-franchisor yang menawarkan harga yang tidak terlalu mahal bagi kamu yang ingin ber-franchise dengan mereka.

 

mau-usaha-cepet-untung-buka-usaha-franchise-aja

 

Contohnya adalah salah satu usaha franchise makanan jepang takoyaki yang ada di Jakarta. Mereka menawarkan 2 paket usaha bagi kamu yang mau berbisnis franchise jajanan khas Jepang ini. Modal untuk keduanya mulai dari 2-3 juta rupiah, yang membedakannya hanya fasilitas dan sarana prasarana yang didapatkan.

Untuk paket lengkap senilai Rp 3.200.000 kamu sudah bisa mendapatkan:

  1. Peralatan masak
  2. Booth/gerobak untuk berjualan
  3. Bahan baku
  4. Training untuk menjalankan usaha Takoyaki

Sementara itu untuk paket biasa senilai Rp 2.500.000 fasilitas yang kamu dapatkan adalah:

  1. Peralatan masak
  2. Bahan baku
  3. Training untuk menjalankan usaha Takoyaki

Dengan harga 1 porsi takoyaki sebesar Rp 5.000 rupiah kamu sudah bisa balik modal lho dalam sebulan! Apalagi jika kamu rajin berjualan dan tekun dalam melaksanakan bisnis ini. Omzet yang kamu dapatkan bisa sampai puluhan juta rupiah per bulan. Menarik bukan?

 

blog-franchise-02-1

 

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk memulai usaha franchise-mu sendiri? Yuk segera mulai usahamu dengan berbisnis franchise!