Di era digital saat ini, segala hal dapat dilakukan dengan bantuan teknologi, tak terkecuali pekerjaan kantor. Apakah saat ini kamu bekerja di atas sofa rumahmu? Di kedai kopi favoritmu? Atau dengan menggunakan laptop di teras rumahmu? Jika ya, berarti kamu bagian dari tren baru di dunia kerja modern, yang dinamakan “kerja remote”.

Meskipun bekerja jarak jauh, bukan berarti kerja remote bekerja tanpa aturan. Justru, dengan kerja remote, pekerja dituntut untuk lebih rajin dan disiplin dalam menyelesaikan pekerjaannya. Beberapa perusahaan, khususnya startup, memandang kerja remote sebagai cara terbaik bagi karyawan untuk memiliki keseimbangan kerja dan kehidupan yang sehat. Berikut beberapa strategi agar kerja remote berjalan dengan efektif.

 

  1. Bangun Komunikasi yang Sehat

“Komunikasi adalah hambatan dan solusi untuk membangun kepercayaan di dalam tim-tim yang bekerja jarak jauh,” kata Sara Sutton Fell, CEO https://www.flexjobs.com/. Sebaiknya, jangan gunakan hanya satu tool untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Saat ini, berbagai tool bisa Anda pilih untuk memudahkan komunikasi dan alur kerja pekerjaan Anda, seperti e-mail, slack, dan trello. Pastikan pesan yang perlu Anda sampaikan didengar dan dimengerti oleh tim Anda.

 

  1. Ganti Suasana Kerja Tingkatkan Produktivitas

Kerja remote memungkinkan kamu untuk memilih tempat yang membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja, selain kantor. Apakah itu coffee shop dengan wifi yang kuat, coworking space yang bisa kamu gunakan, atau bahkan hanya duduk di teras rumahmu. Sebaiknya, hindari bekerja remote di tempat tidur, kecuali jika kamu sakit atau begadang. Berdasarkan pengalaman para pekerja remote, bekerja di tempat tidur tidak berpengaruh pada produktivitas kerja.

 

  1. Buat Proses yang Sesuai dengan Kamu

Jika kamu ingin mendengarkan musik favorit saat membuat presentasi, makan pizza saat review pekerjaan, atau menonton serial favorit sambil menulis artikel, lakukanlah. Inti dari kerja remote adalah mencari tahu hal apa yang membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

  1. Koneksi Internet Di Mana Saja, Kapan Saja

Internet adalah hal terpenting dalam bekerja remote. Koneksi Internet yang kuat dan stabil akan memudahkan kamu dalam bekerja dan berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja kamu. Nah, jika koneksi Internet kamu sering tidak stabil, kamu nggak perlu khawatir. Sekarang, di Kioson, kamu bisa isi ulang paket data di Kioson dengan harga murah, di mana saja dan kapan saja. Ayo, tunggu apalagi? Buruan download Kioson sekarang di Play Store.