Banyak orang menganggap jika pekerjaan menjadi seorang ibu rumah tangga itu sangat membosankan, karena kegiatannya hanya mengurus rumah saja setiap harinya. Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa ibu rumah tangga hanya bisa bergantung kepada penghasilan suami yang membuat banyak perempuan enggan menjalani peran tersebut.

Padahal, jmenjadi seoarng ibu rumah tangga bukan berarti nggak bisa punya penghasilan sendiri, lho! Melalui 8 peluang usaha ini, para ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dengan tetap menjalankan perannya di rumah. Penasaran ‘kan apa saja peluang usahanya? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

  1. Event Organizer Ulang Tahun

 

event-organizer-ulangtahun

 

Kebanyakan anak usia TK sampai SD masih sering mengadakan acara ulang tahun di rumah dengan mengundang teman-teman serta tetangga terdekat. Namun seringkali orang tua mereka terlalu repot untuk menyiapkan semua perlengkapannya sendiri. Nah, buat para ibu rumah tangga problema tersebut bisa banget lho dijadikan peluang usaha! Dengan membuka jasa event organizer untuk pesta ulang tahun anak, para ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan sendiri yang lumayan—plus, mempererat tali silaturahmi antar tetangga. Menarik banget ‘kan?

 

  1. Membuat Kerajinan Tangan

 

membuat-kerajinan-tangan

 

Mengasah kreativitas sambil menghasilkan uang? Kenapa nggak? Membuat kerajinan tangan bisa jadi alternatif nih buat para ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnisnya dari rumah. Jenis kerajinan yang dibuat pun sangat bermacam-macam mulai dari rangkaian bunga hingga aksesoris-aksesoris lucu. Nggak bisa membuatnya? Jangan bingung! Kamu bisa cek beragam tutorial kerajinan tangan yang ada di internet. Selamat berkreasi!

 

  1. Membuka jasa les privat

 

membuka-jasa-les-privat

 

Jago bahasa inggirs atau bahasa asing lainnya? Jago matematika atau fisika? Mungkin membuka jasa les privat di rumah cocok buat kamu para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Selain bisa menambah penghasilan, dengan membuka usaha ini kamu juga bisa sambil mengasah terus ilmu yang kamu miliki.

 

  1. Berbisnis Makanan

 

berbisnis-makanan

Mulai dari nasi box untuk hajatan hingga kue kering untk lebaran, bisnis makanan masih menjadi primadona di kalangan ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan sendiri. Buat kamu yang ingin memulai usaha ini, kamu bisa menawarkan tester dulu kepada orang-orang terdekat; tetangga ataupun keluarga sebelum mulai memasarkan makanan yang akan dijual. Yuk, mulai berkreasi di dapur! Siapa tahu kamu ternyata punya bakat terpendam untuk jadi chef handal!

 

  1. Membuka Kelas Memasak

 

membuka-kelas-memasak

 

Kalau menurutmu berjualan makanan sudah terlalu mainstream, kamu bisa membuka kelas memasak bisa jadi alternatifnya. Banyak lho ibu-ibu muda atau anak-anak yang ingin belajar memasak namun nggak tahu harus kemana. Nah, buat kamu yang jago masak ini bisa jadi peluang bisnis yang sangat menarik! Coba yuk!

 

  1. Membuka Jasa Make-up Artist

 

membuka-jasa-make-up-artist02

 

Banyak ibu-ibu yang senang dengan dunia kecantikan dan berdandan, nah kenapa nggak menjadikan ini sebagai peluang bisnis? Membuka jasa make up artist bisa jadi pilihan yang menarik lho. Untuk acara wisuda, resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, atau acara-acara resmi lainnya biasanya para perempuan ingin terlihat cantik dan menawan saat menghadirinya. Di situlah jasa make up artist dibutuhkan. Yuk keluarkan koleksi make up kamu dari lemari dan jadikan hobi berdandan sebagai sumber penghasilan.

 

7. Membuka Usaha Spa ata Lulur

 

membuka-usaha-spa-atau-lulur

 

Banyak perempuan yang ingin merawat tubuhnya tanpa harus merogoh kocek dalam. Bisnis spa rumahan bisa jadi solusinya! Buat para ibu rumah tangga, bisnis ini bisa banget lho dijadikan sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa membukan usaha bisnis spa rumahan ini dengan tenaga sendiri atau memanfaatkan tenaga ibu-ibu rumah tangga disekitar lingkunganmu untuk membantu menjalankan usaha ini. Dengan begini, nggak hanya untuk mendapatkan penghasilan untuk diri  sendiri saja tapi kamu juga membantu ibu rumah tangga lainnya dalam men-support ekonomi keluarga mereka. Seru banget ‘kan?

 

  1. Jualan Online

 

jualan-online

 

Ini nih solusi pamungkas buat para ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha dari rumah. Yap, berjualan online! Di era digital ini, membuka online shop menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin tetap bekerja dari rumah namun mendapat penghasilan yang nggak kalah dari pekerja kantoran. Buat memulai usaha ini, yang kamu perlukan cuma ponsel dan sambungan internet. Produknya? Beragam banget! Mulai dari perlengkapan fashion sampai makanan dan minuman, semuanya bisa dijual secara online. Cobain yuk!

Nah, sekarang nggak perlu lagi khawatir dianggap membosankan karena dengan 8 peluang usaha diatas ibu rumah tangga pun bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan. Kamu ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha sendiri? Pas banget nih, cobain berjualan di Kioson yuk! Selain dapet untung dari hasil penjualan kamu, kamu juga akan dapet komisi yang pastinya gak kalah menguntungkan. Buruan download aplikasinya di Google Playstore, daftar, dan nikmati beragam keuntungannya!