Buat kamu yang baru memulai kehidupan rumah tangga maupun yang sudah lama menjalaninya, pasti problema keuangan merupakan salah satu permasalahan umum yang harus dihadapi. Namun banyak yang menyangka bahwa problema ini disebabkan karena gaji kamu atau pasangan yang terlalu kecil. Sebenarnya, masalah ini terjadi karena cara pengelolaan keuangan yang salah. Sayang ‘kan kalau gaji yang kamu dapatkan dengan susah payah hanya tahan sampai tengah bulan doang?

Oleh karena itu, ulasan di bawah ini akan membeberkan cara-cara cerdas mengatur keuangan rumah tangga kamu. Yuk kita intip!

  1. Pahami seluruh aspek keuangan rumah tangga

mengelola-keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui seluruh pengeluaran dan pendapatan keluarga setiap bulannya. Berapa banyak uang yang masuk, jumlah tagihan yang harus dibayar, jumlah hutang piutang, hingga berbagai cicilan yang harus dilunasi. Dengan begini kamu bisa dengan mudah memperkirakan pengeluaran setiap bulannya.

  1. Susun anggaran keuangan

tips-cara-mengelola-dan-mengatur-keuangan-keluarga

Setelah mengetahui seluruh aspek pemasukan dan pengeluaran rumah tangga, kamu bisa mulai menyusun anggaran keuangan. Anggaran ini berfungsi sebagai acuan kamu dalam membelanjakan pengeluaranmu setiap bulannya; berapa banyak yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan berapa banyak yang harus ditabung. Psst, jangan lupa selipkan pengeluaran untuk bersenang-senang ya. Selain sebagai ‘bayaran’ atas kerja kerasmu, hal ini juga berfungsi untuk memotivasi kamu agar bisa lebih baik dalam mengelola keuangan rumah tanggamu!

  1. Bedakan keinginan dan kebutuhan

want-need-balance 3d

Salah satu hal yang menjadi penyebab kegagalan dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah kesulitan dalam membedakan mana yang merupakan keinginan dan mana yang merupakan kebutuhan. Nggak jarang, hal yang kamu rasa dibutuhkan sebenarnya nggak harus dipenuhi saat ini juga. Cara paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat daftar prioritas kebutuhan. Tulis semua daftar belanjaan bulan ini, lalu disortir yang mana kira-kira yang paling penting untuk dipenuhi saat itu juga. Usahakan untuk mendahulukan kebutuhan rumah tanggamu terlebih dahulu dan setelah ada sisanya baru penuhi keinginanmu!

  1. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

10-trik-mengatasi-masalah-keuangan-dalam-rumah-tangga

Nongkrong di café atau makan malam di luar setiap minggu bersama pasangan memang terlihat menyenangkan. Padahal uang yang kamu keluarkan untuk melakukan kegiatan tersebut bisa ditabung untuk kebutuhan lain yang lebih penting, lho. Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang nggk terlalu diperlukan, seperti makan malam di luar setiap minggu atau shopping gadget model terbaru padahal gadget-mu masih dalam kondisi yang prima. Akan lebih baik jika uangmu ditabung untuk biaya sekolah anak atau bahkan untuk investasi di masa depan.

  1. Hindari hutang

sa3lhmvlpotep2a92lai

Terkadang godaan untuk berbelanja sangat besar, namun tidak sebanding dengan pendapatan yang masuk ke rekening. Kalau sudah begitu, alternatif yangs seringkali diambil adalah dengan menggunakan kartu kredit. Mudahnya proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit seringkali membuat kita lupa akan tagihan hutang yang menanti di bulan berikutnya. Yuk, mulai tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dengan menghindari hutang dan penggunanaan kartu kredit berlebihan.

  1. Tetapkan target keuangan jangka panjang

o-business-goals-facebook

Susun target keuangan jangka panjang bersama pasangan kamu secara berkala. Ini dilakukan agar kamu lebih fokus dalam mengatur pengeluaran rumah tangga kamu dan menghindari pemborosan. Ingat ya, target tersebut harus yang realistis, terukur, dan memiliki jangka waktu yang pasti agar kamu dapat mencapai targetnya dengan lebih mudah.

  1. Menabung

menabung-710x355

Dalam hal mengatur keuangan, menabung merupakan hal yang wajib hukumnya untuk dilakukan. Mulai sisihkan sebagian dari pendapatan kamu setiap bulannya untuk menabung, agar kamu selalu memiliki dana cadangan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, tabungan ini bisa juga berfungsi sebagai persiapan untuk masa depan kamu dan pasangan nantinya lho!

  1. Investasi

jenis-investasi-yang-wajib-untuk-anda-ketahui

Menyusun anggaran keuangan sudah, menabung juga sudah, ada lagi nih yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga kamu dengan lebih baik. Ya, investasi! Nggak salah jika kamu sudah menyiapkan tabungan khusus untuk masa depan, tetapi dengan berinvestasi kamu bisa ‘mengisi’ tabungan kamu itu dengan lebih cepat dan hasil yang menjanjikan. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan berbagai cara, lho! Mulai dari bermain saham, membeli emas, hingga membeli properti. Yang terpenting sesuaikan dengan kondisi perekonomian rumah tangga kamu, dan jangan lupa selalu konsultasikan investasi kamu kepada ahlinya ya!