Baterai jadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone. Jika nggak dirawat dengan benar, baterai akan mengalami kerusakan dan mengganggu performa smartphone secara keseluruhan. Berikut ini, Kioson meberikan tips mudah merawat baterai smartphone agar tetap awet. Yuk, diintip!

 

  1. Menjaga Temperature Baterai

batre-hp

Sebisa mungkin kamu harus menjaga temperature baterai kamu agar tetap normal. Kalau baterai sudah panas, maka baterai jadi memiliki resiko untuk menggelembung dan tidak lagi bisa menyimpan daya listrik buat smartphone kamu alias bikin cepat nge-drop. Maka itu, kalau ponsel kamu sudah mulai terasa panas sebisa mungkin hentikan pemakaiannya dan tunggu beberapa saat hingga suhunya kembali normal.

 

  1. Mengatur Tingkat Pencahayaan Layar

 

Phone in the dark

 

Kamu tahu nggak kalau tingkat pencahayaan layar ponsel milikmu bisa mempengaruhi performa baterai? Pencahayaan yang terlalu terang membutuhkan daya yang lebih besar sehingga membuat baterai smartphone kamu harus kerja keras. Maka itu, akan lebih baik kalau kamu menurunkan tingkat pencahayaan ponsel menjadi lebih redup. Selain dapat menghemat baterai, kamu juga menjaga kesehatan matamu dari pencahayaan yang terlalu terang.

 

  1. Jangan Memainkan Ponsel Ketika sedang Di-charge

 

charge-ponsel

 

Ketika smartphone sedang di-charge, sebaiknya jangan kamu gunakan dulu sampai baterainya benar-benar penuh. Penggunaan smartphone yang sedang di-charge bisa membuat baterai menjadi cepat panas dan mengakibatkan kerusakan. Nggak mau kan baterai kamu jadi bocor karena hal ini?

 

  1. Hindari Penggunaan Ketika Lowbat

 

06_signs_phone_too_much_low_battery_heart_attack_milindri

 

Menggunakan ponsel ketika low-batt ternyata nggak bagus lho untuk performa baterai. Memainkan ponsel dengan kondisi baterai di bawah 20% membuat baterai kamu menjadi cepat bocor. Maka dari itu, lebih baik simpan ponselmu ketika baterai sudah mencapai 20% atau langsung men-charge terlebih dahulu baru kamu bisa menggunakannya lagi.

 

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

 

aplikasi-di-backgroudn-04ff83f1ba700f1f58d958390769c7e6

 

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai adalah dengan menutup aplikasi-aplikasi yang sudah nggak digunakan. Dengan ini, ponsel kamu jadi nggak perlu kerja keras untuk menjalankan aplikasi yang sebenarnya sudah tidak dipakai lagi. Baterai pun menjadi lebih hemat deh.

 

  1. Nonaktifkan Fitur Getar

 

670px-make-your-cell-phone-battery-last-longer-step-4-version-3

 

Tahu nggak sih? Ternyata fitur getar (vibrate) dalam smartphone merupakan salah satu sumber pemborosan baterai lho. Makanya, akan lebih baik kalau kamu mematikan fitur ini dan menggantinya dengan fitur dering biasa ataupun silent.

 

  1. Menggunakan Aplikasi Battery Saver

 

charge-ponsel

 

Cara terakhir nih, kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai (battery saver) yang banyak disediakan di Playstore secara gratis. Aplikasi ini akan bekerja dengan cara menutup aplikasi-aplikasi lainnya yang nggak kamu gunakan dan meminimalisir penggunaan fitur lain yang terdeteksi menghabiskan banyak daya baterai secara otomatis. Keren ‘kan?

Nah, itu tadi tips-tips sederhana ala Kioson yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone. Kalau caramu bagaimana?