Imlek atau Sin Cia merupakan salah satu perayaan besar bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Biasanya mereka juga akan menjalani berbagai tradisi untuk memeriahkan perayaan Imlek. Tradisi-tradisi ini juga memiliki maknanya masing-masing. Lalu apa saja tradisi yang biasa dilakukan saat merayakan Imlek? Ini dia ulasannya!

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-sajian-12-macam

  1. Sajian Serba 12

Biasanya bagi masyarakat Tionghoa yang berkecukupan, mereka akan menyajikan 12 masakan dan 12 macam kue yang berbeda. Angka 12 memang melambangkan 12 shio yang ada dalam zodiak Tionghoa. Sedangkan varian makanan yang dipilih memiliki simbol khusus yang keseluruhannya mengartikan harapan baik untuk kehidupan di tahun baru.

 

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-bagi-bagi-ampau

 

  1. Bagi-bagi Angpao

Angpao adalah uang yang ditaruh di dalam amplop berwarna merah yang melambangkan kesejahteraan dan kebaikan. Namun, hanya orang yang sudah berkeluarga saja yang boleh memberikan angpao karena jika belum akan dianggap dapat menjauhkan jodoh. Makna di balik tradisi pemberian angpao saat Imlek yaitu cara mereka mentransfer kesejahteraan dan kebaikan kepada orang lain.

 

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-pertunjukkan-barongsai

 

  1. Pertunjukan Barongsai dan Liong

Masyarakat keturunan Tionghoa meyakini bahwa barongsai dan liong adalah lambang kebahagian dan kesenangan. Pertunjukan tradisional khas Cina ini dipercaya merupakan pertunjukkan yang dapat membawa keberuntungan sekaligus mengusir roh-roh jahat yang mengganggu manusia. Nggak heran, jika pertunjukan barongsai dan liong selalu hadir di perayaan Imlek.

 

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-kembang-api

 

  1. Petasan dan Kembang Api

Kembang api dan petasan merupakan pertunjukkan yang sangat populer saat perayaan Imlek. Selain untuk memeriahkan perayaan Imlek, menyalakan petasan dan kembang api dipercaya bisa mengusir makhluk jahat maupun nasib-nasib buruk di tahun sebelumnya demi tahun baru yang lebih baik lagi.

 

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-membersihkan-rumah

 

  1. Membersihkan Rumah

Biasanya sebelum tahun baru Imlek tiba, masyarakat keturunan Tionghoa akan membersihkan rumah bersama-sama. Tradisi ini dipercaya sebagai simbol buang sial dan membuka peruntungan baru. Sebaliknya tepat saat perayaan Imlek tiba, menyapu rumah adalah hal yang sangat dilarang karena dianggap membuat rejeki dan keberuntungan yang akan datang di tahun baru.

 

6-tradisi-unik-dalam-perayaan-imlek-dekorasi

 

  1. Dekorasi Rumah

Nggak hanya membersih rumah saja, biasanya masyarakat keturunan Tionghoa akan mendekorasi rumah mereka dengan ornamen dan pernak-pernik yang didominasi oleh warna merah yang melambangkan kekuatan, kesejahteraan dan pembawa keberuntungan. Biasanya pintu dan jendela rumah pun akan dicat ulang dan ditempeli beberapa kertas yang bertuliskan kalimat baik sebagai pengharapan di tahun baru.