Di zaman modern ini, teknologi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk berbelanja secara online. Sebelum Anda melakukannya, berikut cara-cara jitu belanja online yang aman!

 

Riset Website Terlebih Dahulu

Ketika ingin berbelanja di situs web belanja online, cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu website tersebut. Anda bisa memperhatikan tampilan situs tersebut. Website belanja online yang terpercaya pasti memiliki desain situs yang menarik dan teratur untuk memikat pembeli. Selain itu, Anda bisa melihat testimoni dari para konsumen yang pernah berbelanja di situs tersebut.  Jika perlu, Anda bisa memeriksa nomor telepon atau call center penjual dan menghubunginya untuk memastikan bahwa website tersebut resmi dan benar-benar ada.

 

Periksa Kelengkapan Informasi Produk

Sebelum memutuskan untuk berbelanja di website belanja online tersebut, Anda perlu memperhatikan informasi mengenai barang tersebut. Mulai dari deskripsi barang, stok, biaya pengiriman dan sebagainya. Anda juga perlu mencari informasi penting lainnya, seperti nomor rekening, alamat toko atau kantor yang real dari situs web online tersebut.

 

Perhatikan Kebijakan Website Belanja Online

Setiap situs belanja online terpercaya, pasti memiliki kebijakan mengenai pembelian, pengembalian barang, serta keamanaan informasi data pribadi konsumen. Anda perlu membacanya dengan teliti dan jangan sampai terdapat poin-poin kebijakan yang merugikan Anda sebagai pembeli. Contohnya, bila ada kebijakan yang menyebutkan jika pengelola situs boleh memberikan data pribadi Anda ke pihak lain. Anda juga harus melihat kebijakan pengembalian barang mengenai garansi yang disediakan oleh pihak penjual. Apabila barang yang dikirim cacat atau tidak sesuai dengan yang dipesan, Anda dapat menukarkannya dengan barang baru ataupun meminta garansi uang kembali.

 

Cek Keamanan Situs Web

Untuk mengecek keamanan situs web tersebut, Anda bisa melihat tanda berupa gambar gembok di bagian alamat situs web di url browser Anda yang biasanya terletak di kiri atas. Periksalah tanda tersebut, sebelum Anda memasukkan informasi pribadi. Jika Anda diminta untuk memasukkan informasi nomor kartu kredit, perhatikan alamat situs web tersebut harus berubah dari ‘http’ ke ‘shttp’ atau ‘https’. Dengan begitu, informasi pembayara yang memuat data pribadi Anda akan tersimpan dengan aman.

 

Maksimalkan Keamaan Perangkat Anda

Keamanan PC atau perangkat elektronik milik Anda juga sangat penting untuk diperhatikan. Lakukan update antivirus dan antispyware secara rutin. Hal tersebut sangat dibutuhkan karena banyak program jahat yang secara eksplisit dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi dan browser web.

 

Simpan Bukti Transaksi

Setiap kali belanja online, sebaiknya Anda mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan dan pembayaran. Dengan itu, Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau kesalahan yang mungkin terjadi. Biasanya sistem penjualan online akan mengirimkan link ke email Anda untuk melakukan konfrimasi pembayaran. Saat mengisinya, Anda perlu melihat bukti transaksi untuk melengkapi form tersebut. Jika terjadi ketidaksesuaian, Anda bisa menggunakan bukti transaksi sebagai salinan pesanan dan informasi pembayaran yang sah.