Kesuksesan merupakan hal terpenting bagi seseorang yang sedang memulai usaha barunya. Seorang pebisnis pemula, Anda dituntut untuk bekerja keras dan berpikir sekreatif mungkin. Selain itu, Anda juga harus menghindari berbagai hal yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi keberlangsungan bisnis Anda. Berikut adalah hal-hal penting yang harus dihindari saat memulai bisnis baru!

Memilih Bisnis yang Salah

Saat memutuskan untuk berbisnis, pasti Anda diharuskan menguasai bidang usaha yang akan dijalankan. Selain itu, Anda juga harus memiliki passion sebagai penyemangat dalam berwirausaha. Jika salah memilih bidang bisnis, Anda akan sama sekali tidak menikmati ketika menjalaninya. Ditambah lagi jika Anda tidak menguasai bidang bisnis yang dimiliki, Anda bisa saja membuat berbagai kesalahan yang bisa berakibat fatal. Jadi pilihlah bidang bisnis yang memang benar Anda sukai dan pelajari secara mendalam.

 

Terlalu Fokus Mencari Keuntungan Cepat

Keuntungan merupakan tujuan utama seseorang berbisnis. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan usaha Anda. Jika masih baru mendirikan usaha, pasti Anda akan mengalami ‘pasang surut’ yang mau tak mau harus dilalui terlebih dahulu. Akan tetapi apabila hanya kekayaan saja yang dikejar, pasti Anda akan cepat merasa kecewa dan menyerah jika sedang mengalami kegagalan.

 

Tidak Memperlakukan Konsumen dengan Baik

Ingat dengan ungkapan “pembeli adalah raja”? Nah, jargon tersebut bisa menjadi salah satu kunci sukses Anda dalam memulai bisnis baru. Jika Anda memperlakukan konsumen sebaik mungkin, pasti mereka memiliki citra yang baik terhadap bisnis Anda. Sebaliknya, apabila Anda melakukan hal yang tidak disukai pelanggan sekali saja maka reputasi bisnis Anda akan rusak. Sebaiknya Anda mengenali berbagai tipe konsumen dan cara menghadapinya. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam memperlakukan pelanggan.

 

Cenderung Pesimis dan Takut Mencoba

Berani mengambil risiko dan selalu optimis dalam keadaan apapun merupakan sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Oleh karenanya, Anda tidak boleh merasa pesimis dan takut untuk mencoba segala peluang yang terbuka. Yakinkan diri Anda, bahwa setiap impian yang diiringi dengan kerja keras dan keuletan pasti akan menghasilkan kesuksesan di masa yang akan datang.

 

Tidak Adanya Dukungan dari Keluarga, Teman dan Pasangan

Dukungan dari orang-orang yang disayangi bisa memberikan pengaruh baik bagi psikologis diri Anda dalam proses membangun bisnis. Selain itu, mereka juga bisa memberikan koneksi para pelanggan yang sangat baik untuk perluasan pemasaran usaha Anda. Jika Anda mengalami kemunduran atau kegagalan, support dari mereka bisa menjadi penyemangat agar Anda bisa bangkit kembali dari keterpurukan. Namun apabila tidak ada sama sekali dukungan dari mereka, Anda akan merasa seorang diri saja tanpa bantuan orang lain dalam menghadapi berbagai masalah dan hambatan yang berdatangan.