Paket internet kamu cepat habis? Pasti hal tersebut sering terjadi apalagi bagi kamu yang suka banget browsing dan aktif di media sosial. Mau tahu cara jitu menghemat kuota internet? Yuk, intip trik jitunya di bawah ini!

  1. Gunakan Fitur “Data Saver” di Chrome untuk Browsing

Buat kamu yang suka browsing internet, kamu bisa menghemat kuotamu dengan menggunakan fitur Data Saver yang tersedia di Chrome. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka menu Settings > Data Saver > ON. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat kuota internet hingga 50%. Lumayan banget ‘kan?

  1. Menonaktifkan Fitur Sinkronisasi Aplikasi yang Tidak Terlalu Diperlukan

Aplikasi memang merupakan salah satu penyebab pemborosan penggunaan kuota internet. Oleh sebab itu, kamu bisa menon-aktifkan fitur sinkronisasi pada aplikasi-aplikasi yang nggak terlalu diperlukan atau jarang digunakan. Caranya pun sangat mudah, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat kuota data internet karena aplikasi-aplikasi tersebut nggak ajan secara otomatis tersambung ke internet.

  1. Aktifkan Fitur “Restrict Background Data”

Mau pemakaian kuota internetmu lebih hemat lagi? Kamu bisa lho menghentikan penggunaan data dari aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di background. Cara membatasinya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict Background Data > OK.  Jadi, fitur ini akan menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang tidak dijalankan. Namun kekurangannya, aplikasi tersebut tidak akan mengirimkan notifikasi apapun saat tidak digunakan.

  1. Gunakan Wi-FI Saat Update Aplikasi

Biasanya Google Play Store akan meng-update seluruh aplikasi yang terinstal di smartphone secara otomatis. Tentunya hal tersebut akan memakan kuota internet yang sangat besar. Untuk menghematnya, kamu harus mengaktifkan opsi Wifi Only. Jadi, aplikasi akan ter-update sacara otomatis jika hanya pada saat smartphone-mu terkoneksi dengan WiFi saja. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto>update apps over Wifi Only.

  1. Perhatikan Dara Usage Warning

Dengan menggunakan fitur Data Usage Warning, kamu bisa mengetahui aplikasi-aplikasi yang banyak menyedot data internet. Kamu bisa melihatnya dengan membuka menu Settings > Data Usage, kemudian scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan  banyak data internet. Dengan adanya data tersebut, kamu bisa membatasi diri saat membuka aplikasi-aplikasi yang paling boros atau meng-uninstall-nya kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

 

Nah, sudah tahu ‘kan cara jitu menghemat kuota internetmu? Namun kalau memang paket internetmu sudah habis banget, kamu bisa lho membelinya di Kioson. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu mengunjungi outlet-outlet Mitra Kioson terdekat. Transaksinya pun lebih aman, cepat dan mudah. Selain paket data, kamu juga bisa membeli pulsa, voucher listrik, bayar iuran BPJS Kesehatan, tagihan PLN, PDAM,TV berlangganan dan masih banyak lagi.

Mau dapet komisi? Kamu bisa bergabung menjadi Mitra Kioson. Kamu hanya perlu download aplikasinya di sini, daftar menjadi Mitra, top up saldo dan langsung bisa jualan. Kamu bisa mendapatkan komisi berlimpah di setiap transaksinya. Ayo, kejar peluang usahamu sekarang!