Sering kehabisan uang sebelum gaji turun? Mungkin kamu mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Ternyata hal tersebut juga yang membuat pengeluaranmu menjadi sulit untuk dikontrol. Berikut cara jitu mengatur keuangan yang tepat dan cepat!

 

Buat Anggaran Belanja

Setiap bulan kamu wajib merencanakan anggaran bulanan ketika menerima gaji. Kamu bisa membuat daftar pengeluaran bulanan untuk berbagai kebutuhan, seperti makan, ongkos, shopping, tagihan listrik, cicilan rumah dan sebagainya. Catat berbagai pengeluaran yang telah kamu lakukan setiap bulannya secara detail. Dengan begitu, kamu bisa menekan berbagai pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

 

Bayar Tagihan dan Cicilan

Segera lunasi seluruh tagihan dan cicilan saat menerima gaji setiap bulannya, seperti tagihan listrik, air, telepon, cicilan rumah, mobil dan sebaginya. Kamu pun akan lebih mudah mengatur pengeluaran lainnya dan nggak menggangu biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan membayarnya terlebih dahulu, kamu akan merasa lebih tenang untuk mengatur berbagai pengeluaran lain yang dibutuhkan.

 

Sisihkan Uang Tabungan

Setelah membayar semua tagihan, sisihkan sejumlah uang dari gaji untuk ditabung sebelum kamu menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa menekan berbagai pengeluaran yang nggak terlalu penting. Kamu pun memiliki uang tabungan yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak maupun investasi.

 

Catat Transaksi Harian

Catatlah setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi selama sebulan penuh. Simpanlah struk belanja yang didapatkan setiap kali berbelanja. Dengan mencatatnya, kamu bisa mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini dan membantumu menganalisa barang-barang apa saja yang nggak perlu lagi kamu beli di bulan yang akan datang.

 

Miliki Dua Rekening Bank

Untuk memudahkan mengelola uang, kamu harus memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk melakukan semua transaksi pengeluaran, seperti bayar tagihan, cicilan, belanja dan sebagainya. Sedangkan rekening kedua hanya digunakan untuk menyimpan uang tabungan. Untuk rekening kedua, pilihlah bank yang menerapkan biaya administrasi rendah dan jaringan mesin ATM-nya terbatas untuk mengendalikan dirimu agar nggak menarik uang tabungan untuk pengeluaran yang nggak terlalu penting.